5 Jenis Lovebird yang Ada di Indonesia

Jenis Lovebird di Indonesia - Halo kicau mania, ketemu lagi sama saya Samlovebird. Bicara soal burung pasti para kicau mania sudah tidak asing lagi dengan satu jenis burung liar yang khas dengan ngekeknya yang jernih dan panjang. Yap, ini dia lovebird. Dengan kicauannya yang menarik, love bird telah banyak di budidayakan di Indonesia, selain karena suara ngekeknya yang khas, burung ini juga memiliki tabiat yang menarik. Penasaran kenapa bisa dinamakan love bird? Burung jenis ini selalu berpasang-pasangan dan sering berdempetan satu sama lain, jika dua burung disatukan maka akan membentuk icon love, unik bukan?

Jenis Lovebird di Indonesia

Burung lovebird bukanlah burung asli dari Indonesia melainkan dari afrika, namun atas permintaan pasar dan jumlah peminat lovebird mulai banyak dilestarikan di Indonesia, dengan iklim tropis yang sesuai, budidaya lovebird berkembang pesat dan mudah diperoleh, meskipun ada beberapa jenis lovebird yang cukup merogoh kocek. Di Indonesia sendiri patokan harga lovebird dinilai dari kicauan dan warnanya, yaitu semakin langka dan indah warnanya tentu harga akan semakin mahal, begitu juga dengan kicaunya. Secara garis besar, jenis lovebird di Indonesia di bedakan berdasarkan warnanya, setidaknya ada 6 jenis warna dasar yang biasanya dimiliki oleh lovebird, warna tersebut adalah kuning, hijau, biru, hitam, putih, dan merah. Kemudian dari warna tersebut ada yang pastel dan ada juga yang campuran dari beberapa warna sehingga membentuk lovebird blorok. Berikut adalah beberapa contoh dari jenis lovebird yang tersebar di Indonesia:

1. Lovebird Paskun (Pastel Kuning)


Lovebird pastel kuning atau lebih familiar dengan nama paskun, ciri-ciri paskun mudah dikenali, warna bulunya dominan kuning kehijauan dan pada bagian kepala hingga pangkal leher berwarna soft orange. Warna kuning pada paskun cenderung warna kuning lembut/soft dan seperti ada semburat kehijau-hijauan. Untuk harganya, lovebird jenis ini dipatok pada kisaran Rp 270.000 hingga Rp 400.000 tergantung usia dan kerapian bulu.

Baca Juga : Cara Membedakan Jenis Kelamin Lovebird

2. Lovebird Pasjo (Pastel Hijau)




Lovebird pastel ijo atau pasjo, memiliki bulu dengan warna dominal hijau kalem/soft, untuk sayap dan badan berwarna hijau kekuningan, sedangkan mukanya berwarna orange kemerahan dan paruhnya berwarna merah. Untuk harga pasarannya sekitar Rp 250.000

3. Lovebird Muka Salem


Untuk warna bulunya terkesan tidak terlalu cerah, pada umumya memiliki warna hijau kombinasi biru pada ekor bagian atasnya, muka dan leher bagian depan berwarna orange pudar agak keabu-abuan. Di Indonesia, harganya tidak terlalu mahal, sekitar Rp 200.000

4. Lovebird Dakocan


Lovebird jenis ini paling banyak dicari di Indonesia, disebut dakocan karena warna dimukanya seperti topeng. Hal itulah yang menjadi daya tarik utama burung ini. Warna hitam pada wajahnya ini seakan menyerupai topeng yang membuat lovebird ini nampak keren. Pada umumnya warna bulunya merupakan kombinasi dari warna kuning dan hijau, wajahnya berwarna hitam dengan paruh merah, namun untuk variasi warna bulu sudah banyak dikembangkan, seperti dakocan biru, hijau, semi dakocan. Untuk harga relative bervariasi, mulai Rp 250.000 anakan, Rp 350.000- Rp 600.000 dewasa.


5. Lovebird Batman


Lovebird warna hitam atau lebih dikenal dengan batman, lovebird jenis ini jarang sekali ditemui atau bisa dibilang langka. Hitam menjadi warna dominan tubuhnya, umumnya warna lovebird merupakan kombinasi tetapi untuk lovebird batman semua bagian tubuhnya berwarna hitam, warna aksen justru berupa warna abu-abu pada leher. Harganya cukup mahal dari jenis yang telah dijabarkan diatas, yakni Rp 550.000 untuk anakan.

Demikian ulasan beberapa jenis burung lovebird yang tersebar di Indonesia. Masih ada banyak jenis lovebird lain yang akan Samlovebird kupas pada artikel selanjutnya. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan wawasan seputar lovebird. Terimakasih telah membaca artikel Samlovebird kali ini, cek informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

Baca Juga : Cara Menjinakkan Lovebird

0 Response to "5 Jenis Lovebird yang Ada di Indonesia"

Posting Komentar

Histats