Cara Menjinakkan Lovebird

Cara Menjinakkan Lovebird - Membuat seekor binatang menjadi jinak berarti menjadikan binatang tersebut akrab dengan manusia. Beberapa hewan liar yang sudah terbiasa hidup di alam bebas akan menganggap kehadiran manusia sebagai ancaman. Begitu juga dengan lovebird. Secara alamiah lovebird merupakan burung liar, jadi tidak heran banyak pemula yang memelihara lovebird mengaku bingung dengan perilaku giras dari lovebird yang baru dibeli. Liar/ giras bukan berarti tidak bisa di jinakkan, kita harus sabar dan telaten membuat lovebird tersebut terbiasa dengan keberadaan manusia. Hal ini berbeda jika anda membeli atau merawat lovebird dari mereka menetas, maka secara otomatis lovebird akan jinak pada manusia. Tujuan menjinakkan lovebird disini adalah agar lovebird terbiasa dengan manusia dan bisa mengeluarkan ngekek unik mereka sehingga anda dapat megikutkan ke perlombaan atau kontes burung.


Cara Menjinakkan Lovebird

Untuk lebih jelasnya, Samlovebird akan membagikan kepada anda bagaimana kiat-kiat menjinakkan lovebird. Berikut tips-tipsnya :

1. Pelihara lovebird sejak dini

Samlovebird sarankan pada anda untuk memelihara lovebird sejak ia berumur sekitar 10 hari. Ini akan memudahkan anda dalam merawat lovebird. Untuk anda yang sudah terlanjur membeli lovebird dewasa (yang masih giras) silahkan langsung membaca poin ke dua. Pertama, pisahkan lovebird dari induknya saat mereka masih piyik, hal ini akan membuat lovebird akan memiliki hubungan emosional terhadap pemiliknya tetapi ingat kita harus melolohkan pakan menggunakan tangan atau suntikan khusus sampai lovebird bertumbuh dan dapat belajar mencari pakan secara mandiri.

2. Memandikan Lovebird

Memandikan lovebird mampu membuat lovebird menjadi lebih jinak. Tidak hanya untuk lovebird, semua jenis binatang akan lebih dekat dengan pemiliknya jika sering dimandikan, asal memandikannyad dengan halus dan benar. Untuk memandikan lovebird gunakan  cara semprot, burung lovebird pada dasarnya adalah burung yang suka dengan air, jadi untuk menjinakkannya adalah dengan cara memandikan lovebird dengan cara semprot. Mandikan burung dengan menggunakan sprayer dengan setelan sedang, artinya jangan terlalu embun dan jangan terlalu kencang. Usahakan untuk memandikan lovebird yang giras sampai basah kuyup, sampai lovebird tidak terbang lagi dan diam ditangkringan untuk menikmati semprotan air. Biarkan lovebird anda menikmati mandinya, dengan demikian lama kelamaan lovebird akan merasa bahwa anda bukan lagi ancaman baginya, karena lovebird menjadi merasa nyaman dan segar setelah anda mandikan. Lebih baik lagi kalau anda memandikan lovebird dengan tangan, cara ini dengan cukup efektif dalam menjinakkan lovebird, semakin sering burung berinteraksi dengan manusia secara langsung, maka akan semakin jinak dan semakin dekat pula si burung dengan manusia. Cara memandikannya adalah dengan mengusap lovebird dengan air menggunakan tangan anda secara perlahan. Cukup sebentar saja dan tidak perlu berlama-lama, yang penting lovebird sudah basah secara menyeluruh.

3. Gantang Ditempat Ramai

Sesering mungkin bawa lovebird anda ke tempat yang ramai dan sering dilalui manusia. Tujuannya adalah agar lovebird menjadi terbiasa dengan lingkungan yang ramai dan orang yang lalu lalang, sehingga lama kelamaan lovebird tidak akan takut dengan manusia lagi. Bahkan banyak para lovebird mania sengaja menggantang burungnya dipinggir jalan raya yang sering dilalui mobil untuk melatih mental sang lovebird. atau jika perlu tempatkan kandang mereka di dekat jalan raya misalnya. Tahap 4 dan 5 bukan proses penentu lovebird bisa dijinakan tetapi ini bisa membantu lovebird terbiasa dengan kehadiran manusia.

Demikian tips menjinakkan lovebird yang dapat Samlovebird bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel Samlovebird kali ini. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Cara Menjinakkan Lovebird"

Posting Komentar

Histats