Sejarah Lovebird

Lovebird - Halo Lovebird mania, ketemu sama saya Samlovebird yang akan menjelaskan tentang apa itu Burung Lovebird. Siapa sih yang nggak tau Burung Lovebird? Burung lucu nan menggemaskan ini sudah menjadi trending topic di Indonesia sejak awal tahun 2010 silam. Selain lucu dan menggemaskan, Lovebird juga mudah untuk dijinakkan loh. Lovebird termasuk dalam salah 1 dari 9 jenis spesies genus Agapornis (dari bahasa Yunani "agape" yang berarti "cinta" dan "ornis" yang berarti "burung"). Mereka adalah burung yang berukuran kecil, sekitar 13 sampai 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram saja. Lovebird suka untuk besosialisasi, karena sifatnya, Lovebird lebih suka hidup dalam sebuah kawanan yang berkisar 5 - 20 ekor burung.

Baca Juga : Cara Merawat Lovebird


Lovebird ditemukan di Afrika oleh para ilmuan pada abad ke- 17. Diantara 9 spesies, salah 1 yang memiliki kepala berwarna kelabu ditemukan di Madagaskar. Tau nggak kenapa dinamakan Lovebird? Yup, kata "Love" yang berarti "Cinta" yang berasal dari kelakuan umum pasangan Lovebird yang saling menyayangi satu sama lain. Lovebird memiliki sifat Monogami,  jika seekor Lovebird sudah memiliki pasangan, pasangan itulah yang akan menjadi satu - satu nya pasangan yang dimilikinya sampai akhir hayat. So Sweet banget kan?

Sejarah Lovebird

Awal terjadinya persebaran Lovebird adalah ketika banyaknya pemesan dari bangsawan eropa yang tertarik dengan burung lucu ini, sehingga mulai banyak terjadinya impor ke Eropa pada awal abad ke- 19. Tak lama setelahnya, permintaan impor pun semakin meningkat dari hanya sebatas Eropa sampai ke Amerika Serikat. Sayangnya, sejumlah besar burung - burung liar gagal untuk berkembangbiak di penangkaran dan banyak Lovebird yang mati. Beberapa spesies Lovebird pun malah rutin untuk diburu yang berdampak semakin menyapu bersih seluruh populasinya.

Pada Tahun 1970, pemerintah Amerika Serikat dan Eropa melarang dengan keras pengimporan Lovebird sampai proses pengembangbiakan burung ini sukses. Penduduk lokal pun mulai berinisiatif untuk membuat penangkaran Lovebird secara individu sehingga populasinya meningkat drastis. Sekarang pun di Indonesia sendiri sudah banyak masyarakat yang mulai mengembangbiakkan Lovebird  karena banyaknya permintaan pasar.

Cara memelihara Lovebird juga cukup mudah karena Lovebird menyukai banyak jenis makanan. Selain itu, makanan untuk Lovebird juga tidak mahal. Jadi, tidak memakan banyak biaya untuk memeliharanya. Gimana? Tertarik untuk memelihara Lovebird?

Cek informasi lain seputar Lovebird juga ya, mengenai cara Perawatan Lovebird, Pakan yang bagus untuk Lovebird, Cara Berternak Lovebird, dan yang lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com

Baca Juga : 5 Jenis Lovebird yang Berasal dari Afrika

0 Response to "Sejarah Lovebird"

Posting Komentar

Histats