Cara Membedakan Jenis Kelamin Lovebird

Cara Menentukan Jenis Kelamin Lovebird - Menentukan jenis kelamin lovebird termasuk gampang-gampang susah. Ada yang bisa dibedakan berdasarkan ciri-ciri fisik atau bahkan harus di uji secara ilmiah dahulu. Lovebird adalah hewan unik yang selalu berpasangan, namun tidak jarang pasangan lovebird tersebut adalah sejenis. Hal ini akan mempersulit anda ketika akan memilih pejantan dan betina lovebird untuk di budidayakan. Umumnya ada 2 jenis lovebird yang mudah di identifikasi kelaminnya berdasarkan penampilan, namun 1 jenis lovebird yang sulit di identifikasi dan membutuhkan kejelian ekstra, yaitu lovebird jenis klep/kacamata. Meskipun secara umum burung love bird kacamata sulit dibedakan, tetapi jika Anda jeli memperhatikannya, jenis kelaminnya dapat dengan mudah dibedakan.


Cara Menentukan Jenis Kelamin Lovebird

Berikut Samlovebird akan memberikan beberapa tips cara membedakan Lovebird jantan dan betina :

1. Bentuk Paruh 

Bentuk paruh Lovebird jantan lebih runcing atau mancung serta kecil dan relative kering, sementara bentuk paruh Lovebird betina cenderung tumpul, melebar, besar dan relative basah.

2. Bentuk fisik 


Dari ukuran tubuhnya, tubuh Lovebird jantan cenderung lebih kecil dari Lovebird betina. Selain itu, dari bentuk kepala keduanya dapat dibedakan tingkat kelengkungan kepalanya, bagian kepala Lovebird jantan berbentuk rata atau cepak, sedangkan Lovebird betina kepalanya cenderung melengkung atau cekung.

3. Bentuk sayap 


Perhatikan baik-baik ujung sayap lovebird saat diam, Anda dapat melihat perbedaan jenis kelaminnya dengan mudah ujung sayap Lovebird jantan biasanya menyilang, kalau Lovebird betina ujung sayapnya tidak saling bertemu dan tidak menyilang (Cara ini hanya bisa dilakukan saat Lovebird diam).

4. Bentuk ekor 


Dari ekornya, jenis love bird jantan dan betina juga memiliki ciri yang berbeda. Ekor Lovebird jantan berbentuk runcing, sedangkan ekor Lovebird betina lebih rata. Sekilas, ujung ekor Lovebird jantan mengerucut kecil. Kalau ujung ekor Lovebird betina lebar besar.

5. Cara Bertengger

Saat bertengger, ternyata burung love bird jantan dan betina juga memiliki perbedaan. Lovebird jantan akan bertengger dengan kaki agak merapat, sementara Lovebird betina kakinya agak melebar. Hal ini dikarenakan tulang pubis Lovebird betina agak lebar atau berjauhan, sementara Lovebird jantan tulang pubisnya rapat atau meruncing.

6. Tulang Pubis

Untuk lebih meyakinkan jenis kelaminnya, Anda bisa meraba bagian tulang pubisnya. Pada Lovebird jantan, jarak antar dua tulang pubis akan terasa menyempit jika diraba. Untuk Lovebird betina, tulang pubisnya lebih elastis dan jarak antar kedua tulang pubis tersebut lebih lebar, kira-kira seukuran jari tangan manusia. Tak hanya itu, saat meraba dua tulang supit udang Lovebird dewasa, maka tulang supit udang Lovebird betina akan terasa lebih lunak dan jika ditekan kedua tulang supit tersebut akan sepert terbuka. Sementara pada Lovebird jantan ketika ditekan, maka kedua tulang supit udangnya akan terasa lancip, rapat dan keras.

7. Tes Dengan Cincin Atau Jarum


Caranya, siapkan tali dengan panjang 15-20 cm. Lalu, ikatkan ujungnya pada cincin emas atau jarum. Setelah itu, peganglah Lovebird menggunakan tangan kiri, usahakan bagian kepalanya jauh dari genggaman. Kemudian, tempatkan cincin emas di atas kepala Lovebird dengan jarak 3-5 cm. Terakhir, perhatikan gerakan cincin emas yang digantung tadi. Jika cincin bergerak maju mundur searah, berarti Lovebird berkelamin jantan. Jika cincin bergerak memutar atau melingkar, berarti Lovebird berkelamin betina.

8. Tingkah laku Lovebird saat birahi

Saat dalam posisi berahi tinggi, Burung love bird jantan yang berada dekat dengan betina akan mengeluarkan suara satu ketukan selama berkali-kali sambil melompati si betina, sambil meloloh makanannya, dan mondar-mandir. Selanjutnya burung jantan ini akan melakukan gesek-gesek tangkringan dan menaiki tubuh love bird betina. Sebaliknya, burung love bird betina saat berahi tinggi akan membuka sayapnya lebar-lebar, menunduk, dan suka menggigit benda di sekelilingnya.

Demikian beberapa cara dari Samlovebird dalam menentukan jenis kelamin lovebird. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikel Samlovebird kali ini. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Cara Membedakan Jenis Kelamin Lovebird"

Posting Komentar

Histats