Cara Merawat Lovebird

Cara Merawat Lovebird - Kualitas lovebird yang baik juga dipengaruhi dari cara pemelihara merawat lovebirdnya, maka dari itu akan lebih baik jika kita merawat lovebird dari umurnya yang masih kecil atau anakan, dengan begitu aka nada banyak kesempatan untuk melatih lovebird. Harga lovebird sendiri ditentukan oleh warna dan suara ngekeknya. Semakin bagus perpaduan warna dan makin panjang suara ngekeknya maka harganya juga akan semakin tinggi.


Merawat lovebird sebenarnya tidak begitu sulit hanya saja sedikit butuh ketelatenan yang tinggi untuk merawat lovebird, dan perawatannya pun hampir sama seperti merawat hewan peliharaan lainnya. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara dan merawat lovebird, seperti mandi, makan, bahkan melatih mental lovebird sendiri. Karena kualitas lovebird bergantung pada warna dan suara ngekenya. Berikut tips-tips yang bisa anda terapkan untuk merawat lovebird:

Merawat Lovebird

1. Memandikan Lovebird

Seperti peliharaan pada umumnya, lovebird juga butuh dimandikan agar kualitas bulunya terjaga, selalu bersih dan rapi. Karena bulu juga mempunyai nilai jual yang penting untuk lovebird. Memandikan lovebird tidak boleh terlalu kasar dan menyiram air sembarangan, kucurkan dengan lembut air bersih/kran sambil di usap lembut ke tubuh lovebird. Saat sore atau malam, sempatkan untuk menyemprot dada lovebird sedikit basah, hal ini bertujuan untuk menjaga kelembapan bulu lovebird.

2. Menjemur Lovebird

Jangan lupa juga untuk menjemur lovebird di pagi hari. Hal ini dapat dilakukan setelah lovebird dimandikan, jemur kira-kira sekitar 60 menit sampai bulu lovebird kering. Jangan menjemur dengan posisi lovebird terkena matahari secara langsung, cukup dijemur diteras rumah yang teduh atau dibawah pohon.

3. Memilih Pakan Lovebird

Memberi makan lovebird cukup mudah, selain pakan burung khusus lovebird, beri makanan lain seperti sayuran dan jagung.

Baca Juga : Cara Memilih Pakan Untuk Lovebird

4. Tutup Lovebird Dengan Kerodong

Saat sore tiba, setelah disemprot, kerodong lovebird hingga pagi.
Cara merawat lovebird diatas adalah perawatan sehari-hari lovebird yang umum dilakukan.

Sedangkan untuk melatih lovebird dalam perlombaan/kontes tentu ada cara yang lebih intensif lagi. Berikut cara perawatan lovebird untuk lomba:

1. Pelatihan Lovebird

Lovebird juga perlu dilatih dengan keberadaan manusia, maka sesekali bawa lovebird ke tempat ramai seperti lapangan, tetapi jangan terlalu sering cukup seminggu sekali

2. Pemasteran Lovebird

Selanjutnya adalah pemasteran lovebird. Hal ini adalah proses penting yang harus dilakukan jika lovebird akan diikutsertakan dalam perlombaan. Untuk melatih atau memaster dapat dilakukan dengan menggunakan suara masteran yang tepat, karena suara yang dipakai untuk memaster akan sangat menentukan hasil suara dan panjang ngekek lovebird.

3. Melatih Pernafasan Lovebird

Tips lainnya adalah melatih pernafasan lovebird. Cara yang efektif adalah dengan umbaran. Berikan vitamin yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan lovebird untuk menjaga kondisi fisik dan kekuatan nafas. Melatih pernafasan akan sangat mempengaruhi lama ngekek lovebird

Itulah tips-tips yang dapat Samlovebird bagikan seputar perawatan lovebird. Anda dapat mempratekkan sendiri dirumah. Untuk membentuk ngekek lovebird sendiri sebenarnya ada masa dimana lovebird akan cukup umur untuk bisa menyuarakan suara master yang sudah sering dilatih. Kira-kira setelah lovebird berumur 6 bulan. Setelah lovebird dapat menduplikasi suara master, anda cukup melatih ngekek lovebird agar lebih panjang dengan melatih pernafasan seperti tips diatas. Dan setelah dirasa cukup siap, lovebird bisa mengikuti kontes atau perlombaan. Perlu di ingat bahwa kemampuan suara lovebird berbanding lurus dengan kondisi mental lovebird.

Semakin sering lovebird mengikuti lomba maka mentalnya akan semakin bagus dan suaranya pun akan semakin meningkat. Sekian tips dari Samlovebird tentang cara merawat lovebird kali ini. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

Baca Juga : Harga Lovebird Pastel Terbaru
 

0 Response to "Cara Merawat Lovebird"

Posting Komentar

Histats