Cara Merawat Bulu Lovebird

Cara Merawat Bulu Lovebird - Halo Lovebird Mania, ketemu lagi sama saya, Samlovebird. Kali ini Samlovebird akan menjelaskan tentang bagaimana cara merawat bulu Lovebird. Bulu merupakan bagian Lovebird yang paling penting karena menentukan harga jual. Jika bulu lovebird kusam atau rontok maka harga lovebird akan jeblok dan lebih parahnya lovebird tidak akan laku dijual kembali. Bahkan, jika lovebird ikut perlombaan atau kontes, nilai untuk warna bulu memiliki nilai maksimum yang cukup tinggi. Maka dari itu merawat bulu lovebird adalah hal paling utama bagi para breeder.


Perawatan bulu lovebird bisa dilakukan dengan banyak cara, namun akan lebih baik jika cara-cara tersebut dianjurkan oleh para master burung, karena jika salah langkah sedikit saja dari cara yang benar maka perawatan tidak akan efektif. Banyak penyebab dari kekusaman bulu hingga kerontokan. Berikut tips-tips bagaimana cara merawat bulu lovebird dengan benar:

Merawat Bulu Lovebird

1. Kebersihan Sangkar

Hal pertama yang perlu dibersihkan adalah kebersihan kandang lovebird. Lovebird termasuk jenis burung yang aktif, maka tidak jarang ketika bergerak kesana kemari ekor dan ujung sayapnya akan terkena kotoran yang ada di dasar sangkar atau di tangkringan. Bulu yang terkena kotoran dan tidak dibersihkan dengan benar akan membuat bulu tersebut terlihat kusam dan mengurangi nilai keindahan burung. Jadi anda bisa membersihkan sangkar jika sudah mulai kotor dan hindari membersihkan sangkar saat kotorannya sudah, bersihkan sesering mungkin.

2. Memandikan Lovebird

Mandikan lovebird setiap hari. Anda bisa melakukannya di pagi hari agar setelah dimandikan lovebird bisa langsung dijemur. Memandikan lovebird adalah cara yang efektif untuk menghindari kutu, parasit jamur, kotoran atau hal lain yang membuat bulu lovebird menjadi rusak dan kusam. Gunakan shampoo khusus burung untuk menghindari kerontokan bulu, jangan sekali-sekali menggunakan shampoo yang umumnya dipakai manusia karena terlalu berat dan dapat merusak bulu burung. Bersihkan kaki lovebird dengan baby oil untuk mengangkat kotoran dan kera, jangan sampai terkena bulu paha. Jika bulu lovebird anda rontok atau menipis disebabkan oleh kutu atau hal lain, mandikan lovebird dengan air tembakau 2 kali sehari.

3. Menjemur Burung

Setelah selesai dimandikan, jemur burung tersebut dalam durasi yang tepat. Menjemur disini hanya di angin-anginkan diteras rumah atau dibawah pohon jangan sampai terkena matahari langsung. Durasi menjemur cukup 10-15 menit saja agar zat lilin pada bulu tetap terjaga. Perlu di ingat, cara menjemur yang salah juga akan mengakibatkan bulu lovebird kusam atau mengeriting, poinnya, jangan menjemur burung saat burung dalam keadaan basah kuyup, jemur diluar ketika tubuh lovebird sudah setengah kering.

4. Rutin Memberikan EF

Bukan hanya manusia yang membutuhkan suplemen tubuh, lovebird juga harus mendapatkan nutrisi yang seimbang selain pakan. Pakan yang sehat berupa mentimun, kangkung atau milet. Disamping itu, multivitamin/ suplemen juga penting untuk merawat bulu lovebird agar tetap bagus. Pasalnya, jika lovebird kekurangan nutrisi dan vitamin bisa menyebabkan kerontokan pada bulu, selain itu protein dalam pakan juga harus diperhatikan jangan sampai berlebihan, jika berlebih maka kadar lemak yang berlebih bisa menjadi penyebab bulu kusam atau bahkan rontok. Konsultasikan terlebih dahulu dengan master burung, pakan dan EF yang bagus untuk lovebird anda sesuai dengan usia lovebird.

Sedangkan untuk bulu yang sudah terlanjur rontok anda bisa menggunakan asam linolet untuk memperbaiki kualitas bulu dan menumbuhkannya kembali. Demikian tips seputar merawat bulu lovebird yang dapat Samlovebird kali ini. Terimakasih telah membaca artikel Samlovebird edisi cara merawat bulu Lovebird, semoga bermanfaat. Pantau terus tips and trick seputar Lovebird hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

Baca Juga : Cara Meracik Pakan Lovebird

0 Response to "Cara Merawat Bulu Lovebird"

Posting Komentar

Histats