Cara Mengobati Lovebird Pilek

Cara Mengobati Lovebird Pilek - Penyakit pernafasan umumnya menyerang unggas dan burung-burung kicauan. Gejala awal berupa ingus/lender yang keluar dari lubang hidung. Parahnya, penyakit ini bisa menyerang mata dan biasa disebut snot mata. Jika tidak segera ditangani maka akan menyebabkan burung mati. Dalam kondisi normal, burung akan sesekali bersin dan mengeluarkan cairan bening dari lubang hidungnya sebagai upaya mereka membersihkan ujung terluar dari saluran pernafasannyanya. Jika kondisi ini tidak disertai gejala lain, tentu hal ini tak perlu dikhawatirkan, karena memang merupakan sebuah kewajaran.


Namun jika frekuensi bersin terlalu sering, apalagi disertai beberapa gejala lain seperti makin melemahnya kondisi burung, lubang hidung selalu ingusan, dan sebagainya, maka perlu segera diberikan penanganan yang tepat.

Cara Mengobati Lovebird Pilek

Berikut beberapa tips cara mengatasi lovebird pilek atau flu yang bisa anda coba sendiri di rumah:

1. Perhatikan penempatan sangkar burung


Perawatan yang pertama adalah terkait dengan sangkar burung. Perhatikan dimana anda menempatkan sangkar burung lovebird. Sebaiknya sementara waktu hindari agar sangkar jauh dari lubang sirkulasi udara seperti pintu, ventilasi, atau pun AC. Namun Anda tetap boleh meletakan sangkar burung ini di teras rumah, dengan catatan Anda harus menutupnya dengan kredong apabila burung akan beristirahat.

2. Tempatkan burung pada tempat khusus


Langkah penanganan berikutnya adalah dengan meletakkan burung pada tempat khusus atau ke sangkar lain, lalu sangkar lamanya dibersihkan dengan desinfektan khusus burung (misalnya FreshAves yang terbukti efektif dan ampuh). Hal ini tentu saja bertujuan untuk meminimalisir menularnya pilek ke koloni. Selain itu pemindahan ini juga berguna untuk mempercepat proses penyembuhan, karena dengan cara ini burung akan lebih mudah untuk beristrahat dengan efektif.

3. Pemberian pakan yang berkualitas


Berikan pakan secara teratur, terutama pakan tambahan berupa buah dan sayuran. Jemur burung hanya pada pagi hari saja, dengan dengan durasi tidak lebih dari 30 menit. Anda juga harus memperhatikan kualitas makanan yang burung lovebird anda konsumsi. Sebagai breeder yang baik Anda haruslah memberikan burung ini pakan yang berkualitas dan memiliki gizi yang baik. Anda juga bisa menambahkan makanan tambahan seperti buah dan sebagainya untuk menambah nutrisi burung, akan tetapi dalam memilih buah tersebut Anda sebaiknya cermat dan hati-hati untuk menghindari burung dari keracunan.

Gantangkan sangkarnya di tempat teduh dan jauh dari keberadaan burung piaraan lainnya, karena penyakit ini bisa menular melalui kontak udara.

4. Menyedot ingus pada burung

Anda juga bisa menyedot ingus burung. Untuk melakukan cara ini Anda perlu menggunakan spet, setelah itu Anda bisa berikan obat Spektra sebanyak 4 tetes pada mulut burung. Obat ini berfungsi untuk mengeluarkan ingus atau lendir yang ada pada tenggorokan dan hidung burung.

5. Memberikan multivitamin burung

Jangan lupa juga untuk memberikan multivitamin. Anda bisa mencari multivitamin burung lovebird di toko burung atau pertanian terdekat. Anda bisa memberikan multivitamin ini setiap hari selama proses penyembuhan. Selain itu Anda juga bisa memberikan multivitamin ini untuk pencegahan.

Demikianlah panduan cara mengatasi pilek lovebird yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Jika burung anda masih tetap saja flu bahkan hingga mengalami snot mata yang cukup parah, sebaiknya bawa ke klinik hewan terdekat atau konsultasikan kepada pakar burung yang ada di sekitar anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikel Samlovebird kali ini. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Cara Mengobati Lovebird Pilek"

Posting Komentar

Histats