5 Jenis Lovebird yang Berasal dari Eropa

Jenis Lovebird di Eropa - Eropa menjadi tempat pertama nama lovebird mulai dibicarakan. Keunikan lovebird menjadi daya tarik sendiri bagi benua biru tersebut hingga akhirnya tersebar di seluruh dunia. Belanda, Jerman, Inggris, Perancis, Spanyol, Itali, dan Belgia adalah Negara-negara eropa yang memgangkat nama lovebird hingga ke penjuru dunia, dan akhirnya masuk dalam pasar-pasar asia, khususnya di Indonesia.

Di Eropa sudah berkembang dengan baik cara dan fasilitas budidaya lovebird, para breader/ peternak banyak melakukan persilangan lovebird sehingga jenis dan kualitas lovebird Eropa semakin banyak dan bagus , umumnya breader mengklasifikasi kualitas lovebird dari kombinasi warna dan suara dan untuk warna bulu kurang diprioritaskan karena orientasi pasar lovebird di Eropa lebih kepada lomba/ kontes dengan acuan penilaian pada suara kicauannya. Untuk harga, tentu lovebird asal eropa ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal, rata-rata harga bisa mencapai 1 juta keatas. Tapi jangan khawatir, lovebird bisa menjadi lading investasi juga karena peminatnya yang terus bertambah. Berikut beberapa contoh jenis lovebird yang populer di Eropa:

Jenis Lovebird di Eropa


1. Lovebird Biola



Lovebird biola termasuk jenis yang susah dicari bahkan sangat mahal. Ciri khas dari jenis ini, secara umum tubuhnya berwarna hijau halus dan kuning halus, kepalanya juga bersih dan termasuk dalam kategori sable/ kepala elang. Untuk suaranya tidak jauh berbeda dengan lovebird kebanyakan tentunya yang mendapatkan perawatan yang baik, lovebird biola mempunyai ngekek yang panjang jika dirawat dengan settingan burung lomba. Lovebird biola cukup terkenal di kalangan pecinta burung namun untuk jenis ini jarang di ikutkan kontes lebih banyak dijadikan sebagai koleksi pajangan rumah atau ditangkarkan untuk mendapat warna anakan yang sama. Standar harga lovebird berkisar antara Rp 5,5 juta hingga 7,5 juta tergantung warna burung, semakin unik dan eksotis akan semakin mahal.

2. Lovebird Euwing


Lovebird euwing merupakan persilangan antara burung lovebird lutino dengan hijau standar, burung jenis ini memiliki warna yang unik di bagian sayap dan ekornya yang bercorak hitam dan kuning. Nama Euwing sendiri merupakan singkatan dari Eumelamin dan Wing yang artinya sayap. Hal ini menjadi ciri khas yang cukup unik karena sayap lovebird Euwing tenyata lebih gelap dari sayap lovebird lainnya.Lovebird Euwing memiliki perpaduan warna dominan hitam dan kuning, pada bulu dada berwarna kuning atau putih. Untuk harganya setiap tahun lovebird Euwing mengalami kenaikan, per 2017 berada di kisaran Rp 2,3 Juta hingga Rp 5,5 Juta tergantung usia burung.

Baca Juga : Cara Meracik Pakan Lovebird

3. Lovebird Partblue


Lovebird jenis ini berasal dari Amerika, harganya cukup fantastis jika di impor ke Indonesia. Lovebird Partblue memiliki warna bulu sebagian biru, karena itulah dinamakan part-blue, warna kepalanya ada yang kuning, orange dan putih dan terlihat cukup kontras dengan warna tubuhnya. Lovebird asal Amerika ini dibandrol cukup mahal hingga Rp 20 juta per ekor.

4. Lovebird Holland


Sesuai namanya lovebird ini berasal dari Negara kincir angin, Belanda. Bentuk tubuh lovebird Holland lebih besar dan gagah jika dibandingkan dengan lovebird lokal, warna bulunya dominan hijau dan pada bagian leher sampai kepala berwarna orange. Harga lovebird jenis ini sekitar Rp 500.000 hingga Rp 700.000 tergantung usia.

5. Lovebird Halfsider



Lovebird Halfsider adalah salah satu lovebird hasil persilangan dengan harga yang sangat fantastis! Perpaduan warnanya yang cukup unik membuat jenis lovebird ini menjadi primadona di kelasnya. Seperti namanya, half-sider, setengah bagian tubuhnya berwarna putih dan setengahmya lagi berwarna kuning, jika diperhatikan dari samping akan tampak ada dua lovebird dalam satu sangkar. Jenis ini termasuk jenis yang paling langka dikembangbiakkan, mitos menyebutkan bahwa halfsider mandul namun faktanya kejelian mengenali jenis kelamin mereka adalah kunci dalam kesuksesan perkembangbiakkan halfsider. Untuk harganya biasa di bandrol dari harga Rp 75 juta hingga 150Juta bahkan lebih.

Demikian informasi yang dapat Samlovebird sampaikan seputar lovebird eropa, semoga dapat menambah wawasan para pecinta burung sekalian. Terimakasih telah membaca artikel Samlovebird edisi kali ini dan juga semoga bermanfaat untuk para Lovebird Mania. Cek juga artikel tentang Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

Baca Juga : 5 Jenis Lovebird yang Berasal dari Afrika
 

0 Response to "5 Jenis Lovebird yang Berasal dari Eropa"

Posting Komentar

Histats