Cara Memilih Pakan Untuk Lovebird

Memilih Pakan Lovebird - Untuk menjaga kesehatan dan kualitas lovebird, memilih pakan adalah hal yang penting. Memilih pakan sembarangan dapat berdampak buruk pada lovebird. Perhatikan kandungan nutrisi yang ada dalam pakan, sesuaikan juga dengan usia lovebird, jangan sampai lovebird kelebihan protein karena akan membuat bulunya rontok. Pemberian pakan dengan kualitas gizi dan nutrisi yang baik akan membuat kualitas ngekek lovebird makin bagus. Berikut pakan burung yang Samlovebird rekomenasikan untuk dapat anda jadikan sebagai referensi:

Memilih Pakan Lovebird

1. Canary Seed / Biji Kenari


Lovebird sejatinya memakan biji-bijian sama halnya seperti kenari, parkit dan lain-lain. Biji kenari adalah makanan kesukaan lovebird, kandungan nutrisi di dalam biji kenari mampu menyegarkan tubuh, menambah kekuatan, dan dapat membenahi suara lovebird yang serak atau macet. Lapisan kulit biji kenari yang mudah terkelupas memudahkan lovebird untuk mencerna. Berikan biji kenari yang berkualitas bagus yakni yang tua, kering bersih, tidak berbau, dan berwarna kuning mengkilap. Sedangkan kualitas biji kenari yang kurang bagus, bijinya lunak dan berwarna putih. Perlu diperhatikan bahwa memberi makan lovebird biji kenari tidak boleh terlalu sering, memberi pakan lovebird harus divariasi dengan makanan lain juga untuk menghindari kegemukan pada burung.

2. Milet Putih atau Merah


Lovebird juga gemar memakan milet putih dan merah. Pakan jenis ini juga kerap diberikan pada lovebird karena kandungan nutrisinya yang tinggi yang dibutuhkan berbagai jenis burung pemakan biji-bijian. Milet dapat menjaga nutrisi burung saat terjangkit snot atau penyakit mata yang sering sekali melanda lovebird. Bisa dikatakan bahwa milet adalah makanan pokok untuk lovebird. Milet juga bisa menjadi pakan variasi burung selain memberi biji kenari. Meskipun milet adalah makanan yang disukai lovebird, pemberian milet juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan terus menerus tanpa melihat takaran.

Baca Juga : Jenis Sayuran Yang Aman Untuk Lovebird

Didalam kandungan nutrisi milet terdapat karbohidrat yang berpotensi membuat burung obesitas. Perlu diingat, kelebihan lemak adalah penyebab kerontokan burung, terutama lovebird. Jika sudah mulai obesitas, lovebird akan sulit bergerak dan menjadi pasif, parahnya, hal ini akan membuat suara lovebird serak atau bahkan macet. Alih-alih memperbaiki kualitas ngekek, pakan berlebihan akan membuat lovebird anda tidak bisa dilombakan bahkan harga jualnya akan turun.

3. Jagung Manis


Seperti pemakan bji-bijian yang lain, lovebird juga gemar memakan jagung. Makanan alam yang tentunya bergizi untuk lovebird. Sebaiknya berikan jagung manis jangan jagung yang biasa, karena teksturnya yang lembut mempermudah lovebird untuk mencerna, rasanya yang manis pun sangat disukai oleh lovebird. Karena jagung adalah makanan langsung dari alam (tidak terdapat campuran bahan kimia), jagung dipercaya dapat menjaga kesehatan mata lovebird, meningkatkan kekebalan tubuh dan otot burung.

4. Kangkung


Sayuran segar dikenal memiliki kandungan gizi yang baik dan dapat melengkapi kebutuhan nutrisi lovebird. Selain itu, para kicau mania kerap menggunakan kangkung untuk meningkatkan birahi lovebird untuk membuatnya sering berkicau. Kangkung tidak memiliki kandungan karbohidrad yang tinggi sehingga aman dikonsumsi oleh lovebird. Namun, jangan memaksakan lovebird untuk terus memakan kangkung, letakkan saja kangkung didalam wadah pakan, jika lovebird enggan memakan kangkung tersebut maka gantilah dengan yang lebih segar. Dengan khasiatnya yang luarbiasa, kangkung kerap dijadikan makanan pokok untuk burung yang akan dilombakan. Bahkan para breader/peternak menyajikan kangkung untuk lovebird yang akan dibudidaya karena mampu mendongkrak tingkat birahi.

Untuk bagian kangkung yang baik diberikan pada burung paruh bengkok adalah daunnya, sebab batang mempunyai kadar air yang lebih tinggi sehingga lebih mudah membusuk. Jangan lupauntuk mengganti kangkung yang sudah mulai kering bahkan busuk, jika lovebird memakannya akan berdampak buruk bagi kesehatan lovebird.

Demikian tips seputar memilih pakan lovebird yang dapat Samlovebird bagikan. Semoga informasinya bermanfaat bagi para Lovebird Mania. Terimakasih telah membaca artikel dari Samlovebird kali ini. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

Baca Juga : Cara Meracik Pakan Lovebird

0 Response to "Cara Memilih Pakan Untuk Lovebird"

Posting Komentar

Histats