Jenis Sayuran Yang Aman Untuk Lovebird

Sayuran Untuk Lovebird - Memberi pakan untuk lovebird juga merupakan hal yang penting dalam perawatan lovebird, maka perlu diperhatikan kandungan nutrisi didalamnya agar tidak merugikan lovebird anda. Untuk makanan sehari-hari anda bisa menggunakan milet, tetapi disamping itu tetap berikan vitamin dan mineral untuk mengimbangi kebutuhan gizi lovebird, seperti memberinya sayuran secara rutin.

Tidak semua jenis sayuran bisa diberikan kepada lovebird, dalam artikel ini, Samlovebird akan mengulas jenis-jenis sayuran yang aman bagi lovebird, karena ada beberapa sayuran yang pantang diberikan dan memberikan efek buruk pada lovebird anda, contohnya seperti alpukat, bagi burung umumnya buah ini dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan sehingga rentan akan penyakit bahkan hingga mati.

Sayuran Untuk Lovebird

Berikut Samlovebird akan menjelaskan tentang apa saja jenis sayuran yang aman dikonsumsi lovebird:

1. Jagung 


Jagung adalah sayuran yang umumnya diberikan pada burung, begitu pula untuk lovebird. Jagung aman untuk dikonsumsi lovebird karena protein didalamnya dapat digunakan sebagai sumber tenaga lovebird, disarankan untuk yang memiliki lovebird aktif bisa memberikan jagung sebagai pakan tambahan, bagus untuk kesehatan mata, dan sebagai penambah masa otot. Tetapi jangan terlalu sering, bisa diberikan sehari sekali atau dua hari sekali.

2. Kangkung 


Memberikan kangkung untuk lovebird lumrah dilakukan para breader dan kicau mania. Bagi breader/peternak, kangkung dapat membantu untuk budidaya lovebird karena khasiat kangkung bagi burung dapat meningkatkan berahi, jadi breader sering memberi makan kangkung di saat-saat musim kawin, breader bisa memberikan kangkung pada lovebird yang belum bertelur, namun jika sudah bertelur dan mengerami kangkung tidak boleh diberikan lagi menghindari intensitas birahi yang terus menerus pada lovebird. Bagi para kicau mania, kangkung sebagai makanan andalan agar lovebird ngekek panjang, karena efek birahinya yang cukup cepat sangat membantu jika diberikan beberapa jam sebelum lomba atau saat lomba akan dimulai.

3. Kecambah atau Toge


Toge juga merupakan salah satu sayuran andalan breader. Tentu saja toge aman dikonsumsi bagi lovebird, karena manfaatnya sebagai sumber protein dan penambah kesuburan lovebird. Maka dari itu memberikan toge sebaiknya pada lovebird yang belum mengeram, atau pada lovebird yang tidak mau kawin. Sebagai catatan, berikan secukupnya saja jangan terlalu sering, bisa seminggu 3 kali, kalau terlalu banyak dikhawatirkan lovebird akan mengalami OB.

4. Sawi Putih


Khasiat sawi pada umumnya adalah sebagai penambah serat, sumber vitamin dan sumber kalsium. Sehingga sawi sangat aman dikonsumsi untuk lovebird. Tidak seperti kangkung yang cepat membuat lovebird berahi, sawi sifatnya cukup stabil dalam menaikkan berahi lovebird. Sayur ini juga cocok untuk lovebird ternak maupun lomba. Berikan secukupnya saja jangan terlalu berlebihan, jadikan variasi makanan lovebird selain makanan pokok sehari-harinya.

5. Pokcoy 



Sama seperti sawi putih, pokcoy juga merupakan makanan serat yang aman dikonsumsi lovebird. Kandungan mineral dan serat dari pokcoy dapat memperbaiki pencernaan lovebird. Lovebird yang susah buang kotoran mengindikasikan bahwa tubuhnya kekurangan serat dan pokcoy bisa menjadi alternatifnya. Selain itu, jika lovebird sudah mulai over berahi pokcoy dapat diberikan sebagai pakan selingan untuk mengendalikan agar berahi menurun. Perlu di ingat bahwa intensitas memberikan pokcoy jangan terlalu sering, berikan di saat tertentu saja, takutnya lovebird malah akan susah untuk berahi, alhasil saat lomba nanti ngekeknya tidak akan panjang.

Demikian informasi yang dapat Samlovebird sampaikan seputar sayuran yang aman bagi lovebird. Perlu diingat bahwa segala sesuatu yang berlebihan pastinya akan berdampak buruk, begitu juga dengan memberi pakan untuk lovebird, meskipun itu sayuran berikan sesuai kebutuhan nutrisi lovebird. Terimakasih telah membaca artikel Samlovebird kali ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Berternak Lovebird
 

0 Response to "Jenis Sayuran Yang Aman Untuk Lovebird"

Posting Komentar

Histats