Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Lovebird

Sayuran Untuk Lovebird - Seperti manusia, lovebird juga memerlukan asupan gizi untuk menyeimbangi makanan pokok sehari-harinya. Sebut saja sayuran, selain buah sayuran juga memiliki kandungan vitamin, serat, dan mineral yang dibutuhkan kebutuhan nutrisi lovebird. Namun ada juga beberapa jenis makanan yang pantang diberikan pada lovebird, seperti alpukat, coklat, kopi, teh, susu, navy bean, biji apel meskipun sama-sama diambil dari alam, yang notabene nya aman dikonsumsi tetapi tidak untuk 7 jenis makanan tersebut karena akan membahayakan kondisi kesehatan lovebird bahkan lovebird bisa mati. Perlu di ingat juga, sesuatu yang berlebihan dampaknya juga akan kurang baik, jadi berikan sayuran sesuai kebutuhan nutrisi lovebird.

Sayuran Untuk Lovebird
 
Berikut Samlovebird akan memberikan info tentang beberapa sayuran yang baik untuk lovebird :

1. Tomat


Tomat dikenal memiliki banyak kandungan vitamin C sehingga sayuran ini baik dikonsumsi bagi lovebird. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin C berkhasiat sebagai kekebalan tubuh. Tomat juga bisa sebagai benteng pertahanan lovebird dari parasit atau virus di lingkungan sekitar karena tomat efektif mencegah berkembangnya parasit maupun virus. Kandungan vitamin C nya yang melimpah tomat juga bisa diberikan pada lovebird yang sedang lemas dan pasif bergerak karena tomat bisa merangsang stamina lovebird. 

2. Wortel


Jenis sayuran lain yang baik untuk dikonsumsi lovebird adalah wortel. Sama seperti tomat, wortel juga memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk mengimbangi kebutuhan nutrisi lovebird. Selain itu, di dalam wortel terdapat vitamin A yang baik untuk kesehatan mata lovebird. Wortel bisa diberikan sebagai makanan, atau mengambil sarinya saja lalu berikan pada lovebird yang susah makan.  

3. Brokoli


Brokoli juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi lovebird. Tidak hanya untuk manusia, zat besi dan berbagai kandungan vitamin dalam brokoli dipercaya dapat menjaga stamina lovebird. Bagi lovebird yang pasif atau tidak aktif bergerak berikan brokoli tetapi jangan terlalu sering juga, berikan sesekali saat lovebird sudah mulai malas bergerak. Selain itu, brokoli juga baik untuk menjaga bulu-bulu lovebird agar tidak kusam. 

4. Lobak


Lobak juga merupakan jenis sayuran yang baik untuk lovebird. Banyak penangkar yang memberi lobak sebagai asupan selingan bagi lovebird. Didalam lobak terdapat protein, kalsium, seng dan lain lain yang bagus untuk menambah energy atau stamina pada lovebird, bagus juga untuk perkembangan lovebird anakan, selain itu juga dapat membantu memperkuat tulang. 

5. Bayam


Jenis sayuran lain yang kualitas gizinya tidak kalah dengan sayuran lain adalah bayam. Bayam sangat baik dikonsumsi untuk lovebird, tetapi disarankan untuk memberi bayam yang selalu segar karena kebanyakan lovebird tidak mau memakan sayuran yang sudah layu dan bayam termasuk jenis sayuran yang mudah layu. Didalam bayam terkandung vitamin B kompleks yang baik sebagai imunitas atau kekebalan tubuh lovebird. Selain itu kandungan zat besinya juga cukup banyak, cocok untuk lovebird yang bergerak aktif. Bayam juga bagus bagi lovebird dengan pencernaan yang kurang baik, untuk lovebird yang susah buang kotoran berikan bayam sebagai selingan makanan pokok bisa sehari sekali, tetapi jika kondisi burung sedang sehat dan bagus cukup berikan bayam seminggu sekali saja.

Demikian informasi yang dapat Samlovebird bagikan, perlu di ingat bahwa sayuran yang baik dikonsumsi lovebird seperti yang Samlovebird sebutkan diatas memang bagus untuk kebutuhan nutrisi lovebird tapi tidak boleh terlalu sering diberikan karena bisa jadi akan mengganggu system metabolisme lovebird. Biasanya para breader dan kicau mania memberikan sayuran sebagai selingan makanan pokok, bisa seminggu sekali maksimal dua kali seminggu. Semoga infomasi diatas bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel Samlovebird kali ini. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

Baca Juga : Alasan Mengapa Lovebird Susah Bertelur

0 Response to "Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Lovebird"

Posting Komentar

Histats