Cara Meracik Pakan Lovebird

Cara Meracik Pakan Lovebird - Secara umum di Indonesia jika kita mendengar kata racikan (dalam hal ini makanan) sudah pasti akan merujuk pada olahan herbal dengan bahan-bahan/ komposisi yang langsung mengambil dari alam. Sama halnya dengan pakan lovebird, kita bisa menyebutnya jamu, tentu khasiatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh lovebird, memperbaiki suara ngekek, meningkatkan kualitas suara ngekek, dan untuk menaikkan berahi lovebird.


Bahan-bahan yang dipakai umumnya seperti jahe, mengkudu, telur, bahkan kita juga bisa mencampurkan milet kedalamnya. Meskipun bahan-bahannya termasuk alami/ herbal, untuk menentukan kompisisi racikan tidak boleh sembarangan, lebih baik konsultasikan pada master burung atau anda bisa mencari-cari informasi di berbagai sumber termasuk dalam artikel ini.

Meracik Pakan Lovebird

Pencampuran bahan yang salah akan membuat lovebird tidak bersuara dan fatalnya lovebird bisa saja keracunan. Oleh karena itu, Samlovebird kali ini akan membagikan beberapa contoh racikan sederhana untuk lovebird :

1. Jahe dan Voer

Dalam dunia medis pun jahe sudah dikenal ampuh untuk mengatasi segala macam gangguan pada tenggorokan, pada manusia pun jahe cukup membantu pita suara agar tidak serak dan lebih jernih. Membuat pakan racikan untuk lovebird berbahan jahe cukup mudah, cukup sediakan 2 bahan saja; jahe dan voer. Caranya, parut jahe secukupnya, lalu sangrai parutan tersebut hingga kering, lalu campurkan voer yang biasa diberikan pada lovebird. Simple bukan?

2. Millet, Telur, dan Tulang Sotong

Selain jahe dan voer ada bahan racikan lain yang dijamin topceeerr membuat lovebird ngekek panjang. Bahan yang perlu disiapkan hanya milet (yang biasa dipakai), telur ayam, dan tulang sotong. Milet haruslah dijemur dulu atau dipanggang selama 5 menit agar dapat menyerap bahan-bahan yang lainnya. Kemudian campurkan telur pada milet yang sudah dikeringkan dan aduk sampai rata. Seluruh bagian telur dapat digunakan, termasuk cangkannya, jadi setelah memecah telur jangan membuang cangkangnya, cangkang bisa diubah menjadi tepung dengan mengoven hingga kering kemudian blender halus dan aduk sampai menjadi tepung, lalu campurkan tulang sotong (ambil warna putih di bagian tengah saja kemudian diblender sampai mejadi tepung) pada adonan sebelumnya dan aduk hingga rata. Terakhir, campurkan semua adonan tersebut dengan milet lalu keringkan milet. Cukup mudah dan sederhana.

3. Mengkudu

Mengkudu dikenal dengan khasiatnya menjaga stamina tubuh dan menjadi jamu yang paling ampuh saat akan mengikuti settingan lomba. Meracik pakan dari bahan mengkudu juga tidaklah terlalu rumit, karena kulit mengkudu yang tipis dan halus, maka tidak perlu mengupasnya terlebih dahulu. Berikut tahapnya; siapkan mengkudu yang sudah matang cirri-cirinya berwarna abu-abu dengan teksturnya yang lembek, lalu campurkan mengkudu dengan air panas, untuk poin ini lebih baik jangan memasak air sekaligus dengan mengkudunya karena akan mengurangi kandungan nutrisi didalam mengkudu, lalu siapkan bahan atau saringan untuk meletakan millet yang telah di sortir dan rendam saringan bersamaan dengan millet proses perendaman 3-6 jam saja sudah cukup kemudian jemur atau angin-anginkan millet yang telah di rendam hingga kering sempurna dan masukan ke dalam toples.

Cukup mudah bukan? Namun perlu diingat bahwa racikan ini tidak bisa setiap saat diberikan pada lovebird, bedanya dengan racikan jahe mengkudu di tidak bisa di jadikan pakan harian karena akan membuat birahi burung lovebird semakin tinggi dan bisa memicu overbirahi pada burung lovebird.

Demikian infomasi seputar racikan pakan lovebird yang dapat Samlovebird bagikan. Semoga dapat membantu para kicau mania dalam merawat lovebird. Terimakasih sudah membaca artikel dari Samlovebird kali ini dan semoga bermanfaat. Cek Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

Baca Juga : Cara Memilih Pakan Untuk Lovebird
 

0 Response to "Cara Meracik Pakan Lovebird"

Posting Komentar

Histats