Tips Cara Mudah Berternak Lovebird

Cara Berternak Lovebird - Dari tahun ke tahun peminat lovebird semakin meningkat dan harga lovebird dipasaran semakin menggiurkan. Bukan hanya di kota-kota besar kini peminat lovebird bahkan merambah sampai kepedesaan dan menjadikan lovebird sebagai primadona di kelasnya. Tentu dengan nilai jualnya saat ini lovebird bisa menjadi ladang investasi yang menarik. Maka dari itu banyak pecinta burung yang saat ini melakoni budidaya love bird.

Perlu kita ketahui bahwa untuk berternak lovebird sekalipun kita tetap harus terjun ke pasar-pasar untuk mengetahui permintaan pasar terkait jenis dan harga lovebird saat ini. Melakukan budidaya lovebird termasuk gampang gampang susah, namun seiring berjalannya waktu, breader/peternak akan menemukan trik-trik jitu untuk mengatasi kendala saat beternak lovebird.

Cara Berternak Lovebird
 
Untuk para pemula, tidak perlu takut akan adanya masalah beternak dikemudian hari, karena semua breader sukses berawal dari kegagalan yang berulang-ulang. Pelajari kiat-kiat beternak lovebird pada master burung, cari ilmunya diberbagai buku, atau jika anda tidak punya banyak waktu untuk itu, anda bisa terus memantau update artikel Samlovebird, karena Samlovebird kali ini akan mengulas banyak hal terkait lovebird.


Untuk para breader pemula, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan dengan baik untuk mendukung kesuksesan budidaya lovebird, antara lain;

1. Memilih Jenis Kelamin Lovebird

Ada beberapa cara untuk menentukan jenis kelamin lovebird, jika dalam tahap ini saja anda salah untuk tahap selanjutnya akan sulit dilakukan. Berikut tips memilih jenis kelamin lovebird; jangan tertipu jika lovebird sedang berpasangan, bisa jadi itu adalah 2 ekor pejantan, sebaiknya perhatikan pinggul karena lovebird betina memiliki ukuran pinggul yang lebih lebar dan ukuran tubuh lovebird betina relatif lebih besar dengan ukuran kepala yang kecil.

2. Pilih Indukan yang Berkualitas

Untuk mendapatkan kualitas lovebird yang bagus maka indukan berpengaruh sangat bear. Perlu di ingat juga, selain berkualitas point penting disini indukan harus sehat. Anda bisa memilih indukan dari sisi suara atau bulu tergantung mau beternak lovebird untuk kontes suara burung atau kontes kecantikan warna lovebird. Jika anda fokus beternak lovebird dengan bulu yang bagus dan unik carilah keturunan lovebird dengan warna bulu yang bagus. Kalau fokus anda adalah ingin beternak lovebird dengan ngekek yang panjang tes dulu sebelum membeli indukan.

3. Tentukan Usia Produktif 

Untuk beternak lovebird anda harus paham kapan lovebird siap untuk dikawinkan. Rata-rata usia kawin lovebird adalah 8 bulan untuk jantan dan 1 tahun untuk betina. Sebagai catatan, usia pejantan harus lebih tua dari betina

4. Kandang Lovebird

Sebelum beternak lovebird, tentukan dulu kandang seperti apa yang akan anda buat. Jika anda akan menyilangkan beberapa lovebird sekaligus dalam satu kandang maka buatlah kandang yang sesuai dengan jumlah lovebird yang akan disilangkan dan buatlah kandangg bersekat-sekat antar indukan yang disilangkan. Namun sebenarnya sepasang lovebird dalam satu kandang akan lebih mudah dikembangbiakkan daripada sekaligus dalam jumlah banyak pada satu kandang. Jangan lupa menambahkan serbuk gergaji atau dedaunan kering untuk menyerap kotoran lovebird. Dan jangan lupa untuk membuatkan tempat burung bertengger, bisa dari kayu atau ranting.

5. Mengawinkan Lovebird

Jika sudah ditentukan lovebird mana yang akan dikawinkan, tentu saja harus jantan dan betina, dan usia dirasa sudah memenuhi syarat, tempatkan lovebird dalam satu kandang lalu mereka akan melakukan proses perkawinan dan hasilnya akan diketahui setidaknya dalam kurun waktu 10 hari. Setelah itu lovebird akan masuk dalam masa mengeram yakni 25 hari.

Yap! Sekian artikel tentang Cara Berternak Lovebird dari Samlovebird kali ini. Semoga info yang Samlovebird berikan bisa bermanfaat untuk para Lovebird Mania dan terima kasih telah membaca. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

Baca Juga : Harga Segala Jenis Anakan Lovebird Terbaru
 

0 Response to "Tips Cara Mudah Berternak Lovebird"

Posting Komentar

Histats