Jenis Sayuran yang Disukai Lovebird

Sayuran yang Disukai Lovebird - Banyak para kicau mania yang mencari cara-cara agar lovebird andalan mereka menjadi jagoan ngekek panjang saat lomba. Dan semua itu tidak lepas dari makanan yang diberikan kepada lovebird, umumnya para kicau mania membuat racikan makanan sendiri atau menyesuaikan dengan apa yang disukai lovebird mereka. Namun yang lebih efektif untuk menambah nafsu makan lovebird adalah makanan kesukaan lovebird itu sendiri. Secara alami, lovebird adalah burung pemakan vegetables ama seperti kenari, kita cukup menyesuaikan saja kebiasaan dan apa yang disukai lovebird di alam bebas sana. Kita hanya perlu memilah beberapa jenis makanan yang memiliki dampak buruk atau tidak baik bagi kesehatan lovebird.

Sayuran yang Disukai Lovebird

Memberi pakan lovebird sama saja dengan menjaga aset burung yang kita pelihara. Ini adalah komitmen bersama ketika kita sudah memutuskan untuk memelihara burung. Semakin sesuai makanan yang kita berikan kemungkinan memiliki lovebird dengan kualitas baik akan semakin besar. Jika masih bingung mengenai apa makanan kesukaan lovebird ? Berikut ini Samlovebird akan memberikan daftar makanan yang seharusnya diberikan untuk lovebird :

1. Jagung  



Dalam memilih jagung untuk pakan lovebird, sebaiknya pilihlah jagung manis. Rasanya yang manis ini ternyata sangat disukai para lovebird. Selain disukai oleh burung ini, jagung manis juga bisa menjaga kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah diserang penyakit bahkan mengembangkan dan menguatkan otot burung. Walaupun begitu, jangan berikan jagung manis terlalu sering karena bisa membuat lovebird menderita kegemukan.

2. Gabah Beras Merah


Gabah beras merah merupakan salah satu makanan utama dari lovebird. Terdapat berbagai macam kandungan yang diperlukan burung cinta ini, terutamanya kandungan karbihidrat  sebagai sumber utama tenaga mereka. Dalam pemberiannya, kamu bisa mencampurkan gabah dengan milet dengan perbandingan 1:1. Dengan pemberian nutrisi yang seimbang maka lovebird kamu bisa menjadi lebih sehat, kuat dan berkicau dengan indah.

3. Biji oat atau haver (Avena sativa)


Memberikan oat banyak dipercaya bahwa mampu menenangkan serta mempercepat proses burung yang sedang mabung, memperbaiki struktur jaringan bulu agar tampak lebih indah, meningkatkan ketenangan sehingga burung tidak mudah drop dan stres, memperbaiki struktur jaringan kulit supaya tidak rentan iritasi, membenahi sistem kerja organ tubuh burung khususnya pencernaan, memperkecil kemungkinan serangan kolesterol jahat sehingga peredaran darah dan jantung jadi lebih lancar.

Biji oat sangat bagus diberikan kepada burung yang baru sembuh dari sakit dan mampu meningkatkan kegemukan terhadap burung yang mempunyai tubuh kurus. Disamping itu, karena pakan lovebird yang berupa bijian ini mengandung protein, kalori dan karbohidrat, maka amat cocok jika diberikan kepada indukan burung yang tengah meloloh atau menyuapi anakannya. Apabila piyikan loverbird sering menerima suapan biji oat dari indukannya, kemungkinan besar pertumbuhannya akan jauh lebih cepat.

4. Sayur Kangkung


Sayur kangkung sangat baik diberikan kepada burung yang belum birahi. Rutin memberikan kangkung banyak dipercaya mampu meningkatkan tingkat birahi terhadap burung yang belum birahi. Kalau burung sudah birahi pada umumnya ia akan lebih rajin gacor. Karena kerap dibilang bisa meningkatkan birahi, tak heran jika kangkung banyak diberikan pada burung yang akan dilombakan dan yang sedang dibudidaya dalam penangkaran.

Namun perlu diketahui, adapun bagian yang baik untuk diberikan kepada burung adalah pada bagian daun kangkung. Bisa demikian, pasalnya daun kangkung memang memiliki kandungan air yang cenderung lebih sedikit jika dibandingkan dengan batangnya. Karena batang mempunyai kandungan air yang lebih banyak, maka tidak menutup kemungkinan kalau akan membuatnya jadi lebih mudah membusuk. Sekian artikel dari Samlovebird kali ini, Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat untuk para Lovebird Mania. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

Baca Juga : Tips Cara Cepat Mengobati Lovebird Sakit
 

0 Response to "Jenis Sayuran yang Disukai Lovebird"

Posting Komentar

Histats