Cara Cepat Membuat Lovebird Mandiri

Cara Cepat Membuat Lovebird Mandiri - Melihat lovebird yang agak manja dan tidak mau makan sendiri mungkin akan membuat para breader jengkel apalagi jika pemula. Umumnya lovebird mulai bisa makan sendiri di usia 50 hari karena paruhnya sudah cukup kuat untuk makan milet ataupun biji-bijian. Lovebird yang kurang mandiri akan mempengaruhi pertumbuhannya karena nutrisi yang dimakan tidak cukup baik dan pemilik pun tidak selalu punya cukup waktu untuk selalu meloloh setiap saat.


Cara Cepat Membuat Lovebird Mandiri

Dalam beberapa kasus banyak breader pemula yang mengeluhkan burungnya belum bisa mandiri dan masih diloloh setiap hari. Secara alami induk lovebird akan mendorong mereka untuk mulai makan sendiri hinga proses penyapihan terjadi yaitu sekitar usia 8 minggu, lovebird jantan juga akan mengajari anaknya untuk makan makanan biasa, namun ada beberapa lovebird yang sulit makan sendiri. Maka, lovebird dapat dilatih untuk makan sendiri dengan cara mendekatkan alat spet dimulut lovebird, anakan secara reflek akan maju dan mendekatkan mulut di spetnya. Selain itu, anda juga dapat menggunakan sendok the yang sudah diisi bubur, lovebird pasti akan mendekat dan mematuk bubur tersebut.

Cara lain adalah dengan membiarkan lovebird menggunakan insting alaminya dalam mencari makan. Umumnya setelah usia 1,5 bulan, paruh lovebird sudah cukup kuat untuk mematuk milet. Letakkan milet putih pada alas tempat anda menaruh anakan lovebird, beberapa lovebird secara alami akan mematuk milet yang ada dialas sarangnya tersebut. Selain milet ada makanan kesukaan lovebird yang bisa anda gunakan untuk merangsang nafsu makan anakan lovebird. Seperti jagung manis, pilihlah jagung manis yang masih muda untuk memudahkan anakan lovebird saat mematuk. Caranya sama, cukup letakkan jagung manis didalam sarang lovebird lalu dengan sendirinya anakan lovebird akan belajar mematuk jagung tersebut.

Jika lovebird enggan atau jarang mematuk pakan yang disediakan, biarkan beberapa saat dulu sampai lovebird agak kelaparan kemudian sesekali bantu dengan spet tapi jangan terlalu sering.

Jika anda banyak menyilangkan lovebird/ peliharaan lovebird anda banyak, anda bisa menyatukan lovebird yang belum mandiri dengan yang sudah bisa makan sendiri atau istilahnya dikolonikan. Secara alamiah lovebird akan meniru perilaku lovebird lain dan kemungkinan dia menjadi tau bagaimana cara mencari makan sendiri. Hasilnya akan tampak setelah 5 hari, para master burung banyak yang melakukan cara ini dan mengklaim berhasil diterapkan pada lovebird. Namun jika cara ini masih tidak berhasil coba dengan cara mengambil indukan lalu disatukan kembali tapi tanpa gelodok agar lovebird anakan tadi tidak masuk sarangnnya. untuk sarang beri saja karpet agar permukaan rata dan taruh biji disitu.

Bila dibiarkan secara alami, setelah berumur 4 minggu maka anakan lovebird sudah mulai tumbuh bulu dan mulai menjelajah kandang, anak lovebird keluar glodok, meninggalkan sarang lebih lama, berlatih terbang, mendaki dan menjelajah benda-benda didalam kandang.

Ada pertanyaan yang muncul, pada umur berapa anakan lovebird keluar dari glodok? atau berapa lama anakan lovebird keluar sarang? Biasanya anakan akan mulai keluar dari glodok ketika umur 50 hari sampai 60 hari. Hal ini jika diloloh oleh induknya. Kebanyakan para peternak lovebird ada yang tidak sempat mengurus anakan lovebird karena sibuk kerja sehingga anakan dibiarkan diloloh induknya.

Demikian pembahasan dari Samlovebird mengenai cara cepat agar lovebird bisa mandiri. Beberapa tips diatas bisa anda coba dirumah sebagai treatment lovebird kesayangan anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikel Samlovebird kali ini. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Cara Cepat Membuat Lovebird Mandiri"

Posting Komentar

Histats