Cara Cepat Membesarkan Lovebird

Cara Cepat Membesarkan Lovebird - Setelah berhasil mengawinkan lovebird dan telur banyak yang sukses menetas maka langkah terakhir dalam budidaya lovebird adalah membesarkan lovebird. Tentu saja perawatan lovebird dewasa dengan anakan sangat berbeda. Yang menjadi poin dalam merawat anakan lovebird adalah ketelatenan dan kesabaran. Anda akan merasa seperti merawat anak sendiri karena dalam membesarkan anakan lovebird perlu extra hati-hati.


Cara Cepat Membesarkan Lovebird

Berikut Samlovebird akan memberikan tips bagaimana cara cepat membesarkan Lovebird :

1. Pakan Lovebird

Untuk lovebird yang baru beberapa hari lahir maka lebih baik membiarkan induknya sendiri yang memberikan makan atau meloloh. Secara naluri, sang induk mengetahui mana anaknya yang nanti akan tumbuh hingga dewasa dan mana yang tak sehat lalu dibiarkan mati. Tapi jika ingin mencoba meloloh sendiri ada baiknya kita mengambil anakan burung lovebird setelah berumur 14 hari atau setelah keluar bulu-bulu halus di tubuhnya. Jika terpaksa, kita bisa mengambil anakan lovebird tersebut paling tidak setelah 3 atau 5 hari.


Jika anda ingin meloloh sendiri anakan lovebird, perhatikan kebersihan alat, alat yang digunakan untuk meloloh, komposisi gizi, dan kandungan vitamin serta mineralnya. Struktur tulang anakan lovebird yang belum sekuat lovebird dewasa membuat jenis pakan yang diberikan kepadanya harus dipilih secara hati-hati. Makanan dengan tekstur yang terlalu keras haruslah dihindari karena akan mengganggu pencernaannya.

Untuk lovebird yang masih kecil berika bubur bayi kacang hijau atau beras merah dan bisa juga dicampurkan voer ayam dengan perbandingan 1:2. Karena voer ayam dapat mempercepat pertumbuhan anakan lovebird.

Perhatikan juga jadwal memberi makan anakan lovebird, jika mereka kelaparan terlalu lama akan membuat lovebird tersebut mati. Untuk lovebird yang berumur 10 hari bisa diberi makan 2 jam sekali. Karena dalam masa pertumbuhan, anakan lovebird bisa makan hingga 3 jam sekali jadi sering seringlah mengecek tembolok jika sudah kosong lebih baik cepat di isi lagi.

2. Kebersihan Sarang

Sarang yang kotor akan menimbulkan banyak penyakit, anakan masih rentan terhadap virus dan penyakit jadi usahakan sarang selalu bersih. Jangan membersihkan sarang ketika kotoran menumpuk saja. Usahakan agar tidak terlalu sering membuka kotak sarang lovebird karena jika sang induk merasa terancam, kemungkinan besar sang induk akan membunuh anak-anaknya. Perlu waktu sekitar 4-6 minggu untuk induk lovebird membesarkan anak-anaknya hingga menjadi mandiri.

3. Inkubator 

Untuk menjaga agar anakan lovebird dalam suhu yang pas, anda dapat menggunakan incubator. Inkubator disarankan untuk terletak di ruang terpisah dari induknya. Suhu harus 22° C untuk mencegah kedinginan saat pemberian makan. Sangat disarankan untuk memeriksa ulang suhu dan kelembaban untuk menemukan kesalahan mesin pengukur. Inkubator disarankan agak gelap untuk menenangkan dan aturr kelembaban sekitar 60 – 70 %. Pada inkubator yang terdapat perambatan panas harus dipastikan adanya ventilasi, kelembaban harus lebih tinggi untuk mencegah dehidrasi.
Pakailah inkubator terpisah untuk Anakan Love Bird dari induk yang berbeda. Letakkan tissue kertas sebagai alas untuk awalnya, berikutnya dapat digunakan serpihan kayu atau kain kasa. Alas tidak boleh terlalu lembut agar Anakan Love Bird dapat berpijak mencengkram saat berdiri.

Demikian tips yang dapat Samlovebird bagikan dalam seputar cara cepat membesarkan lovebird.  Perlu diingat bahwa lovebird sejatinya adalah burung liar, maka akan lebih baik jika membiarkan proses pembesaran oleh sang induk tersebut berjalan secara alami tanpa ada gangguan sedikitpun dari dunia luar. Walaupun nantinya kita juga akan memberikan sedikit bantuan pada sang induk. Biasanya setelah berumur lebih dari 4 minggu, anakan lovebird sudah mulai terlihat keluar dari sarang dan mandiri. Sekian, semoga informasi dari Samlovebird kali ini dapat bermanfaat untuk para Lovebird Mania dan terimakasih sudah membaca artikel dari Samlovebird kali ini. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Cara Cepat Membesarkan Lovebird"

Posting Komentar

Histats