Cara Cepat Membuat Lovebird Ngekek

Cara Capat Membuat Lovebird Ngekek - Lovebird mempunyai keunikan sendiri selain bulunya yang cantik, ngekek lovebird yang khas membuat jenis burung satu ini dibandrol dengan harga cukup mahal. Oleh karena itu banyak kicau mania yang berlomba-lomba melatih lovebird jagoan mereka agar bisa ngekek. Banyak master bahkan pemula yang melakukan terapi burung, hal ini dilakukan karena performa lovebird dirasa kurang maksimal dan untuk lovebird gacor tapi mengalami penurunan kualitas suara ngekek.

Terapi ngekek lovebird ini dilakukan pada burung yang dipelihara dirumah atau yang biasa dilombakan. Anda bisa mencoba terapi ini barangkali akan cocok dengan kharakter Lovebird Anda. Jika memang belum cocok dan tidak membuahkan hasil, Anda bisa mengubah sendiri settingan perawatan Lovebird sesuai kharakter Lovebird Anda. Hal ini tentunya membutuhkan waktu, tapi hasilnya nanti akan lebih bagus.


Cara Capat Membuat Lovebird Ngekek

Berikut Samlovebird akan memberikan beberapa tips terapi lovebird yang bisa anda terapkan dirumah :

1. Memandikan Lovebird Dengan Cara Yang Benar

Di pagi hari mandikan lovebird bisa jam 6 pagi atau jam 7 pagi dengan cara disemprot secara halus, usahakan sehalus mungkin agar lovebird merasa sedang terapi mandi air hujan, semprot hingga basah kuyup. Sebagai catatan, ketika memandikan usahakan agar tidak mengenai area mata. Terapi ini akan lebih baik jika menggunakan air hujan alami, ketika hujan turun biarkan lovebird kehujanan hingga 10-20 menit (hujan dengan intensitas sedang bukan hujan deras). Jika lovebird mulai berkicau itu tandanya ia sudah selesai dan segera masukkan ke dalam rumah dan bilas tubuh burung dengan air bersih lalu biarkan mengering.

2. Menjemur Lovebird

Setelah disemprot, jemur lovebird kira-kira 3 jam dan usahakan menjemur dibawah jam 10 pagi atau maksimal jam 10 pagi, namun jangan menjemurnya dibawah teriknya matahari karena akan menyebabkan burung dehidrasi karena panas. Setelah itu digantang diteras rumah untuk di angin-anginkan. Proses mengangin-anginkan Lovebird terbilang penting karena ia harus beradaptasi dari suhu tinggi ke suhu rendah. Kalau Lovebird dari suhu yang panas langsung dipindahkan ke dalam ruangan yang bersuhu normal, tentunya kurang baik untuk kesehatan tubuh Lovebird.

3. Memberi Pakan Yang Sesuai

Berikan pakan dengan kualitas yang bagus. Makanan sehari-hari lovebird usahakan bervariasi untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi lovebird. Untuk pakan harian anda dapat memberikan milet putih atau merah, biji kenari, biji oat, jagung manis dll karena sifat alami lovebird yang merupakan burung pemakan biji-bijian, akan lebih baik jika anda banyak memberikan makanan berupa biji-bijian, perhatikan porsinya jangan terlalu banyak untuk menghindari obesitas.

Selain itu, EF (ekstra fooding) seperti buah-buahan dan sayuran segar, juga sangat disarankan untuk tidak ditinggalkan. Pasalnya EF atau pakan lovebird tambahan seperti kangkung, jagung muda, kecambah atau touge, oleh para penghobi burung kicauan banyak dianggap bahwa mampu meningkatkan birahinya, sehingga cukup memungkinkan kalau nantinya dapat membuat burung jadi lebih rajin buka paruh. Namun apabila sampai sekiranya burung terlihat over birahi, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya hentikan untuk sementara pemberian EF tersebut.

4. Pemasteran

Agar Lovebird ngekek panjang, sebagian kicau mania menerapkan latihan vokal pemasteran. Dengan pemasteran suara kicau burung lain, otomatis Lovebird akan merekam dan meniru suara tersebut. Lama-kelamaan, Lovebird menjadi terlatih dan terbiasa berkicau mirip dengan kicauan burung yang sering dia dengarkan.

Mengetahui hal ini, sejak masih anakan anda harus memaster Lovebird menggunakan suara burung yang mempunyai kapasitas suara dan volume yang panjang. Nah, beberapa suara masteran yang baik untuk Lovebird antara lain, belalang emas, Kenari, Cililin, Cucak Jenggot, Tengkek Buto, dan Ciblek Gunung.

Terapi ini biasanya mampu mengubah performa lovebird dalam waktu 3-6 hari, atau sedikitnya dalam rentang waktu tersebut sudah ada kemajuan daripada sebelum diterapi. Demikian yang informasi yang dapat Samlovebird bagikan, semoga bermanfaat bagi seluruh kicau mania. Terimakasih sudah membaca artikel dari Samlovebird kali ini. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Cara Cepat Membuat Lovebird Ngekek"

Posting Komentar

Histats