Cara Cepat Membuat Lovebird Bertelur

Cara Cepat Membuat Lovebird Bertelur - Seiring bertambahnya peminat lovebird, permintaan pasar akan lovebird pun semakin meningkat. Lovebird dikenal sebagai burung dengan bulu yang indah dan memiliki suara ngekek yang unik. Jika anda hobi memelihara burung, lovebird adalah wadah yang tepat untuk berinvestasi. Tetapi apakah anda akan terus menjadi kolektor dan tidak mengambil peluang untuk investasi lebih besar yang jelas ada didepan mata? Yap, budidya lovebird menjadi opsi yang tepat jika anda ingin menggeluti hobi sekaligus berbisnis.

Saat ini memang sedang marak budidaya lovebird, mereka yang lebih dulu ada di pasar jual beli lovebird bukan berarti akan lebih sukses dari anda bukan? Kesuksesan muncul dari kejelian melihat peluang. Semua pebisnis yang sukses mempunyai kiat-kiat rahasia dalam menjalankan bisisnya. Bagaimana dengan budidaya lovebird? Dimana kunci keberhasilan mengembangbiakkan lovebird? Disini Samlovebird akan membahas mengenai cara cepat menernak lovebird. Semakin cepat anda memperoleh hasil maka semakin dekat anda menuju investasi yang lebih baik.


Cara Cepat Membuat Lovebird Bertelur

Berikut Samlovebird akan memberikan tips-tips atau cara cepat membuat lovebird bertelur :

1. Memastikan Pasangan Lovebird Pejantan dan Betina


Pastikan bahwa lovebird yang akan dikawinkan sama-sama klep atau sama-sama non klep dan merupakan pejantan dan betina agar lovebird betina dapat menghasilkan telur yang fertile. Jika anda melakukan persilangan yang bertolak belakang atau biasa disebut semi klep, kebanyakan betina tidak akan menghasilkan telur.

2. Mengecek Umur Lovebird Betina

Pastikan bahwa betina sudah cukup umur untuk dikawinkan, umur induk betina yang matang adalah 8-12 bulan

3. Gunakan Lampu Pada Kandang

Gunakan lampu full spectrum untuk menghangatkan kandang. Lampu ini bagus bagi kesehatan lovebird karena suhu dan cahayanya sama seperti sinar matahari. Letakkan lampu spectrum di tempat yang sesuai agar sinarnya dapat menjangkau seluruh bagian kandang dan matikan di malam hari agar lovebird tetap merasa sedang ada di alam liar.

4. Memasang Glodok / Kotak Sarang

Pasang gelodok / kotak sarang sesuai dengan ukuran lovebird jangan terlalu kecil atau terlalu besar dari lovebird. Gelodok tersebut harus memiliki lubang pintu dan diameternya sesuai dengan ukuran tubuh lovebird. Masukkan beberapa serutan kayu bersih ke dalam kotak sarang dengan ketebalan 2-2,5 cm.

5. Memilih Makanan Lovebird

Berikan makanan yang dapat memicu hormon lovebird betina agar cepat bertelur, seperti tauge, kangkung dan tulang sotong. Selain dapat menaikkan berahi, makanan tersebut cukup ampuh untuk memicu hormone lovebird.

6. Berikan Suplemen Pada Lovebird

Selingi dengan memberikan suplemen untuk merangsang berahi dan memperbaiki kualitas telur. Perlu di ingat bahwa suplemen ini adalah selingan dan berdampak tidak baik jika diberikan secara terus menerus. Berikan suplemen ini maksimal 2 kali seminggu. Pemberian suplemen juga dapat meningkatkan kualitas telur, menjaga kesehatan anakan yang baru menetas.

7. Menjaga Kebersihan Kandang

Tetap jaga kebersihan kandang dan lovebird itu sendiri secara rutin untuk menghindari parasit atau jamur yang merugikan dan berdampak buruk pada lovebird.

8. Memastikan Lingkungan di Sekitar Lovebird

Lingkungan sekitar lovebird harus aman dari gangguan hewan lain seperti kucing, anjing, cicak, tikus,dll untuk menjaga betina dalam kondisi stabil tidak stres karena merasa terancam.

Demikian tips-tips mudah bagi anda para breader pemula agar lovebird kesayangan anda cepat bertelur. Yang menjadi poin penting disini adalah anda harus bisa membedakan mana lovebird jantan dan betina, karena yang professional sekalipun terkadang salah menyangka karena sifat lovebird yang tidak bisa ditebak dan bahkan banyak yang berpasangan meski sesame jenis. Anda bisa menyimak bagaimana cara membedakan lovebird jantan dan betina pada artikel yang sudah Samlovebird ulas sebelumnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk para breader, terimakasih telah membaca artikel Samlovebird tentang cara membuat lovebird bertelur kali ini. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

1 Response to "Cara Cepat Membuat Lovebird Bertelur"

Histats