Penyebab Lovebird Terkena Penyakit Snot

Penyebab Lovebird Terkena Snot - Penyakit snot merupakan penyakit yang bisa menyerang sistem pernafasan dan mata burung termasuk burung jenis lovebird. Penyakit ini memang terdengar biasa namun bisa berbahya bahkan bisa menyebabkan kematian pada lovebird. Sebagian orang mungkin sudah tahu bagaimana cara mengobatinya dan penyebabnya sehingga bisa mengobati serta melakukan antisipasi agar lovebird kesayangannya tidak lagi terserang penyakit snot ini.


Namun bagi beberapa orang mungkin akan membiarkan lovebird yang terserang penyakit snot ini begitu saja karena tidak tahu cara menanganinya dan mengobatinya. Sebenarnya kamu masih bisa mencegah terjadinya atau terserangnya penyakit ini pada lovebird kesayangan kamu dengan melakukan beberapa cara. Sebelum itu kamu harus mengatahui terlebih dahulu apa sayang yang menjadi penyebab lovebird terkena penyakit snot ini.

Penyebab Lovebird Terkena Snot

Nah sangat penting untuk mengetahui penyebab lovebird terkena penyakit snot ini untuk bisa mengantisipasi dan lebih memperhatikan lagi kondisi dan keadaan lovebird yang kita pelihara. Berikut ini adalah beberapa penyebab lovebird terkena penyakit snot :

1. Udara yang Kotor

Udara yang kotor seperti asap pembakaran, asap dapur dapat masuk kedalam sangkat lovebird sehingga menimbulkan udara di sangkar menjadi kotor dan akan mengenai mata lovebird. Oleh karena itu untuk mengantisipasinya kamu harus menempatkan lovebird kamu ditempat yang jauh dari polusi dan tempat yang bersih serta nyaman.

2. Benda Asing Terhirup

Salah satu dari penyebab lovebird terkena penyakit snot yaitu adanya benda asig yang terhirup oleh si lovebird sehingga benda tersebut berada dalam hidung lovebird dan mengganggu pernafasan. Karena pernafasan terganggu maka halitu akan menyebabkan timbulnya snot. Oleh karena itu kamu harus menjaga kebersihan kandang lovebird agar tidak ada benda asing yang masuk. Benda asing tersebut seperti pasir, debu, serbuk dan benda halus lainnya.

3. Asap Rokok

Sama seperti halnya polusi atau udara yang kotor, kamu juga tidak diperkenankan merokok di dekat kandang lovebird. Asap rokok bisa menggangu pernafasan dan menyakiti mata lovebird.

4. Kotoran Burung

Jika kamu merasa bahwa kamu telah menghindarkan lovebird kamu dari polusi diatas, namun lovebird kamu terkena penyakit snot, mungkin masalah kotoran bisa menjadi salah satu penyebab lovebird terkena penyakit snot .Kotoran burung yang tidak dibersihkan akan mengendap yang menjadikan udara di kandang menjadi lembab. Kotoran burung mengandung amonia yang juga bisa melukai pernafasan dan mengakibatkan mata berair.

5. Lingkungan Kaca

Pantulan cahaya matahari dari lingkungan yang memiliki kaca bisa membahayakan mata lovebird. Hal itu karena cahaya yang dipantulkan merupakan cahaya sinar matahari langsung.

6. Langsung Dikerodong Setelah Dijemur

Setelah menjemur lovebird, alangkah baiknya bila kamu tidak langsung mengerodongi sangkar lovebird. Diamkanlah selama beberap saat telebih dahulu.

7. Gigitan Serangga

Salah satu penyebab lovebird terkena penyakit snot lainnya yaitu gigitan dari serangga seperti semut atau lainnya. Jika serangga tersebut menggigit bagian mata maka akan menyebabkan mata menjadi bengkak.

8. Bakteri

Bakteri ini juga bisa menjadi penyebab lovebird terkena penyakit snot. Bakteri akan tumbuh jika sarang lovebird terlalu pengap dan lembab. Bakteri ini bisa meyerang mata dan pernafasan lovebird sehingga menyebabkan penyakit snot.

9. Lingkungan Pinggir Jalan Raya

Jika lingkungan rumah kamu berada di pinggir jalan raya maka sebaiknya kamu tempatkan lovebird kamu ditempat yang aman.

Demikian informasi yang dapat Samlovebird sampaikan dan semoga bermanfaat. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

Baca Juga : Tips Cara Mengatasi Snot pada Lovebird

1 Response to "Penyebab Lovebird Terkena Penyakit Snot "

Histats