Tips Cara Mengawinkan Lovebird Agar Memiliki Anakan yang Berkualitas

Cara Mengawinkan Lovebird Agar Memiliki Anakan yang Berkualitas - Jika anda ingin mendapatkan anakan lovebird yang berkualitas maka indukan yang anda kawinkan harus memiliki kualitas yang bagus pula. Nah dari sinilah para breeder pemula biasanya bingung dalam menentukan mana indukan yang bagus dan memiliki prosentase cukup tinggi untuk menghasilkan anakan yang berkualitas. Dengan modal yang tidak seberapa, keuntungan yang Anda raup akan besar. Karena kemudahan merawat burung ini, cara ternak lovebird pun tidak berbelit atau susah.


Maka dari itu Samlovebird akan membagikan ulasannya ;

Cara Mengawinkan Lovebird Agar Memiliki Anakan yang Berkualitas

Sebenarnya kunci dari persilangan untuk menghasilkan anakan yang bagus tergantung dari indukannya. Kemudian sifat gen indukan jantan akan lebih dominan daripada gen betina. Misalnya saya contohkan lovebird warna biru cobalt jantan disilangkan dengan lovebird hijau standar betina akan keluar anakan 60 persen biru cobalt dan 40 persen anakan warna hijau standar. Namun jika anda budget yang anda miliki minim, ketika ingin membeli calon indukan, walaupun harganya murah seperti hijau standar atau pastel kuning, tanyakan dulu kepada pembeli. Apakah indukannya berwarna yang bagus ataukah tidak. Soalnya kalau indukannya warnanya bagus akan keluar anakan yang bagus pula. Kalau Anda punya butget yang besar bisa membeli indukan yang warnanya sudah bagus. Misalnya sepasang lovebird violet atau sepasang batman. Hasilnya akan keluar sesua indukan dan bisa jadi dalam satu kali atau dua kali produksi sudah kembali modal. Produksi selanjutnya tingga memperoleh keuntungan bersih saja.

Menurut dari hukum Mendel tentang Pewarisan Sifat menjelaskan bahwa indukan akan mewariskan sifat kepada anaknya. Jadi kalau kita ingin memiliki anakan lutino yang banyak, kita harus memiliki sepasang indukan lutino atau salah satu indukannya adalah lutino. Misalnya; Jika kita ingin menghasilkan anakan lutino dan biru mangsi dengan masing-masing peluang 50% lutino dan 50% biru mangsi kita harus memiliki indukan biru mangsi dan lutino. Entah jantan atau betinanya terserah yang biru mangsi ataukah lutino.

Fenotip :

Biru mangsi (jantan) X (Lutino)

Genotip :

BBbb X KKkk
Bb dan Kk

F1 :

 - BK  - Bk  - bK  - bk

Dari hasil persilangan di atas, ternyata peluang warna biru mangsi dan lutino memiliki persentase 75%. Kemudian yang 25% dari warna lain. Kemungkinan yang 25% bisa dari hasil pewarisan sifat indukan sebelumnya. Atau kita bisa mengenal istilahnya keturunan kakeknya warna apa sebelumnya?
Memang kita ketahui bahwa persilangan biru mangsi dan lutino bisa saja menghasilkan anakan warna hijau standar atau warna lovebird pastel kuning. Namun persentasi dari warna hijau standar dan pastel kuning tersebut peluangnya 25%.

Jadi kesimpulan persilangan lovebird untuk menghasilkan anakan yang bagus adalah kita sendiri yang mencari indukan yang bagus juga. Jika kita menginginkan kualitas dari warnanya, kita harus memiliki kualitas warna indukan yang bagus. Misalnya lagi warna lovebird yang harganya masih tinggi adalah albino, batman, dan paling mahal saat ini adalah jenis biola.

Jika kicaumania ingin mendapatkan keberhasil dalam breeding lovebird itu perlu kesabaran dan ikhlas. Tapi kualitas indukan juga perlu diperhatikan jangan asal pilih saja. Jika ingin anakan berkarakter tempur pastinya indukan juga jagoan tempur di arena pertandingan. Demikianlah informasi cara menghasilkan anakan lovebird yang bagus dengan metode kawin silang indukan warna lain. Kuncinya adalah lovebird jantan akan cenderung lebih dominan mempengaruhi anakan yang keluar. Terima kasih telah membaca artikel dari Samlovebird kali ini dan semoga bermanfaat. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Tips Cara Mengawinkan Lovebird Agar Memiliki Anakan yang Berkualitas"

Posting Komentar

Histats