Tips Cara Berternak Lovebird untuk Pemula

Cara Berternak Lovebird untuk Pemula - Burung lovebird di golongkan sebagai salah satuburung kicau yang mempunyai suara khas seperti ngekeknya yang kalau sudah terlatih bisa panjang hingga 20 menit tanpa putus. Sekarang ini banyak sekali orang-orang khususnya pecinta burung yang memulai membudidayakan burung lovebird karena nilai jualnya lumayan tinggi 150 ribu hingga puluhan juta  rupiah. Akhir ini para pecinta burung kicau mulai beralih membudidayakan atau memlihara burung lovebird.

Beternak burung lovebird memang merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Karena bisa kita lihat sekarang semmakin banyak saja orang yang melirik dan tertarik dengan burung yang satu ini, mulai dari warna bulu yang dimiliki sampai suara ngekeknya yang panjang sehingga bukan hal aneh lagi jika banyak orang yang memburunya. Karena ada kesempatan para pecinta burung ini melirik burung lovebird tak salah bagi untuk membudidayakannya.Selain memelihara tentunya bisa juga untuk dijual dan memang bisa menghasilkan uang tambahan.


Banyak pecinta burung lovebird yang hanya sekedar memudidayakan burung lovebird tanpa mereka ketahui tekniknya seperti apa. Untuk kali ini saya akan membagikan cara atau tips untuk membudidayakan burung lovebird. Apabila anda bisa dapat menentukan jenis kelamin lovebird pastinya proses akan lebih lancar. Apa jadinya bila lovebird yang diternak ternyata jantan semua atau sama sama betina, yang jelas mereka tidak akan menghasilkan anakan.

Berikut ulasannya :

Cara Berternak Lovebird untuk Pemula

Kandang Ternak Lovebird

Untuk pertama kali kia harus menyediakan sangkar khusus ternak. Sangkar ternak lovebird biasanya berbentuk kotak persegi atau persegi panjang juga boleh, kita bisa membelinya di toko burung atau bisa membuatnya sendiri jika ingin hemat biaya . Adapun harga kandang penangkaran lovebird terbilang lumayan mahal sebab bahan materialnya memang dibuat dari besi, untuk mendapatkan sangkar ini anda bisa merogoh kocek kurang lebih Rp 150.000 per sangkar. Jangan lupa lalu kandang dilengkapi juga dengan glodok tempat burung bertelur. Dalam penangkaran lovebird wajib menggunakan glodok sebab burung lovebird ini biasanya bertelur di lubang kayu

Menyiapkan Sepasang Lovebird

Seperti yang telah disinggung di atas, apa jadinya jika lovebird yang kita tangkar ternyata berjenis kelamin sama, pastinya mereka tidak akan pernah bisa menghasilkan telur. Perlu diketahui bahwa lovebird yang dibudidaya berjenis betina semua, maka mereka juga bisa bertelur namun sampai kapan pun telurnya tidak akan pernah menetas, Namun tanda jika lovebird yang diternak samasama pejantan maka mereka tak akan bertelur. Oleh karena anda jangan salah menyipakan sepasang induk lovebird yaitu jantan dan betina.

Penjodohan Lovebird

Langkah selanjutnya adalah menjodohkan dan mengawinkan sepasang lovebird. Satu hal yang dapat anda Iakukan ketika melakukan penjodohan ini yaitu mendekatkan kedua lovebird agar mereka saling mengenal kemudian berjodoh. Atau jika di  dalam kandang yang besar biasanya mereka selalu berdempetan atau bersama. Saat pertama kali mereka diternak sebaiknya jangan Iangsung dikumpulkan jadi satu karena mereka dapat saja berkelahi. Adapun tips lain agar kedua lovebird cepat berjodoh adalah sering menjemur kedua calon indukan lovebird supaya bisa saling berdekatan, dengan begitu keduanya akan saling mengenal satu sama lain.

Proses Bertelur dan Mengerami

Lovebird biasanya akan bertelur di dalam glodok yang telah disediakan. Jangan lupa tempat ia bertelur juga dilengkapi serutan kayu yang telah kering lalu di di atasnya daun cemara kering atau rumput kering untuk hasil lebih baik. Burung kicau yang satu ini bisa dikatakan bertelur normal jumlah telur yang dihasilkan berjumlah minimal 4-5 butir. Bila kurang dari itu maka produksinya bisa dikatakan kurang baik atau bisa juga karena masih baru belajar bertelur. pengeraman akan berlangsung sampai 22 - 25 hari. Sebaiknya selama proses mengerami kedua indukan jangan sesekali diganggu dengan cara sering melihat telur di dalam glodok agar mereka tidak stres sehingga banyak kejadian lalu telur ditinggal tidak dierami.

Pemisahan Anakan Lovebird Dengan Indukan


Anda dapat memisahkan anakan ketika umurnya baru 2-3 minggu. Pada usia segitu anakan masih belum bisa mandiri maka dari itu anda pun harus meloloh piyik tersebut, adapun tujuan memisahkan anakan di usia dini agar kedua indukan cepat bertelur kembali.

Akan tetapi jika anda tidak mau repot-repot meloloh anakan sendiri sebaiknya membiarkan kedua indukan membesarkan anakannya sendiri. Penting untuk selalu meneydiakan makanan yang cukup di dalam sangkar agar mereka tidak kekurangan pakan sehingga bisa berpengaruh terhadap kesehatan dan pertumbuhan anakan lovebird tersebut. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Tips Cara Berternak Lovebird untuk Pemula"

Posting Komentar

Histats