Alasan Mengapa Lovebird Mengalami Bulu Rontok

Alasan Mengapa Lovebird Mengalami Bulu Rontok - Bulu lovebird memang terkenal cantik dan menawan. Bahkan para penangkar Indonesia berlomba-lomba untuk membuat persilangan agar dapat menghasilkan perpaduan warna-warna bulu lovebird baru yang lebih unik dan cantik. Namun taukah anda bahwa bulu-bulu lovebird tersebut ternyata cukup sensitif dan mudah rontok?

Biasanya, penyebab lovebird yang mengalami cabut bulu karena beberapa permasalahan seperti over birahi, banyak kutu, dan faktor penyakit lainnya. Tapi rata-rata lovebird jantan yang over birahi. Jika umurnya sudah 7 bulan lovebird sudah mulai birahi. Untuk menurunkannya harus sering dimandikan dan dicarikan pasangannya. Jika Anda ingin mengatasi masalah kerontokan pada burung, sebaiknya Anda perhatikan penyebab-penyebabnya.


Dan berikut beberapa diantaranya :

Mengapa Lovebird Mengalami Bulu Rontok

1. Proses Mabung

Proses ini adalah proses alami yang biasa dilalui burung, dalam proses ini bulu burung akan rontok dengan sendirinya. Akan tetapi walaupun rontok, bulu-bulu tersebut akan tumbuh lebat kembali seperti semula. Jika burung Anda sedang mengalami mabung maka sebaiknya Anda berikan nutrisi yang baik untuknya, pasalnya nutrisi seperti protein sangatlah mereka butuhkan karena dapat membuat bulu mereka kembali tumbuh dengan cantik. Selain itu Anda juga harus mendesain ulang sangkar burung agar si burung tidak merasa kedinginan, atau Anda juga bisa menggunakan kredong untuk menghangatkan tubuh burung

2. Terkena Penyakit

Penyebab kerontokan bulu pada lovebird juga bisa dikarenakan penyakit yang sedang Ia derita, penyakit-penyakit tersebut akan membuat burung tersebut mengalami gejala yang membuat bulu mereka rontok. untuk mengatasi ini sebaiknya Anda serahkan burung Anda untuk dilakukan penanganan lebih lanjut oleh dokter hewan, atau jika penyakitnya ringan maka Anda bisa melakukan penanganan mandiri

3. Terjangkit Kutu

Kutu juga bisa membuat bulu burung ini rontok, pasalnya rasa gatal karena kutu akan membuat burung ini menggaruki bulu mereka dan ujung-ujungnya pun bulu-bulu tersebut akan rontok. untuk mengatasi hal ini Anda bisa memandikan burung Anda secara rutin setiap hari, selain itu Anda juga bisa gunakan obat anti-kutu yang dijual di toko burung

4. Over Berahi

Jika umur lovebird sudah menginjak 7 bulan lovebird sudah mulai birahi. Untuk menurunkannya harus sering dimandikan dan dicarikan pasangannya. Akan tetapi jika lovebird jantan sudah over birahi dan tidak dijodohkan maka akan gesek tangkringan yang biasa dikenal dengan gestang (mengawini tangkringannya). Selain gestang lovebird akan mulai cabut bulu pada sekitar bulu dadanya. Nah tadi untuk mengatasi selain dicarikan jodoh harus sering dimandikan. Misalnya setiap hari pada pagi hari dimandikan basah kuyup dan diangin-anginkan. Atau tidak setiap sore hari cukup mandikan tapi jangan basah kuyup.

Jika sudah terlanjur terjangkit maka segera lakukan pengobatan. Anda dapat memberikan multivitamin dan obat yang sangat efektif dalam mengobati berbagai penyakit. Untuk pencegahan juga sangat bagus, karena memang obat ini terbuat dari bahan-bahan alami berkhasiat, seperti: madu, gula aren, dan rempah-rempah pilihan. Berbagai cara bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kerontokan bulu pada burung Anda. Akan tetapi sebaiknya sebelum terjadinya kerontokan ada baiknya Anda lakukan tindakan pencegahan dengan cara merawat kebersihan burung dan sangkarnya, caranya dengan rutin membersihkan tubuh burung dengan mandi, selain itu Anda juga bisa membersihkan sangkar burung secara rutin setiap hari agar burung merasa lebih nyaman dan terbebas dari kutu.

Demikian informasi yang dapat Samlovebird sampaikan dan semoga bermanfaat. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .


0 Response to "Alasan Mengapa Lovebird Mengalami Bulu Rontok"

Posting Komentar

Histats