Beberapa Komunitas Pecinta Lovebird di Indonesia

Beberapa Komunitas Pecinta Lovebird di Indonesia - Lovebird, burung yang saat ini tengah menjadi primadona bagi mayoritas orang. Bulunya yang indah, suaranya yang gacor tak hanya memikat untuk ditangkar dirumah saja, namun bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah yang cukup fantastis. Ketertarikan masyarakat terhadap lovebird kian meningkat dari tahun ke tahun, bahkan saat ini komunitas lovebird sudah mulai terbentuk dan menjamur hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Bukti bahwa burung satu ini memiliki keunikan yang lebih memikat dari burung jenis lain. Bagi anda para penangkar pemula yang masih bingung bagaimana cara merawat lovebird dengan baik atau ingin melatih dengan cara yang benar, bergabung dalam sebuah komunitas adalah pilihan yang tepat. Disana anda dapat saling bertukar informasi mengenai segala hal tentang lovebird. Anda juga dapat mengikuti tren lovebird yang saat ini sedang digandrungi. Jika anda masih bingung ingin bergabung di komunitas mana atau bahkan tidak tau apa saja komunitas lovebird itu, berikut Samlovebird bagikan sedikit ulasan mengenai beberapa komunitas lovebird yang ada di Indonesia :


Beberapa Komunitas Pecinta Lovebird di Indonesia

Komunitas Lovebird Indonesia (KLI)

Komunitas ini terbentuk karena adanya segelintir kalangan yang sama-sama menggilai lovebird. Dari situlah tercetus ide untuk membentuk komunitas pecinta lovebird bernama Komunitas Lovebird Indonesia. Komunitas ini dibentuk di Jakarta sekitar tahun 2008, dengan tujuan sebagai wadah informasi seputar lovebird, Semakin bertambahnya pecinta lovebird dari tahun ke tahun, rupanya berdampak pula dengan semakin banyaknya anggota dari Komunitas Lovebrid Indonesia (KLI) ini.

Bila dilihat dari akun Facebook-nya, sampai dengan saat ini KLI sudah memiliki member sekitar 28.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan khusus di Jakarta, sudah ada sekitar 400 orang anggota yang tergabung di dalam KLI. Hebatnya lagi, beberapa daerah Telah memiliki Korwil KLI masing-masing, mulai dari Yogya, Solo, hingga Samarinda. KLI memiliki kegiatan rutin yang dilaksanakan sebulan sekali. kegiatan rutin tersebut merupakan ajang silaturahmi sesama pecinta lovebird. Selain itu, dalam kegiatan tersebut sesama anggota juga saling sharing informasi seputar lovebird. Mulai dari cara perawatan, pencegahan penyakit, hingga belajar beragam teknik untuk menciptakan lovebird champion. (KLI) juga pernah mengadakan Kontes Kecantikan Lovebird, atau Indonesia Lovebird Association (ILA) yang menggelar Lovebird Singing & Beauty Contest.

Komunitas Burung Lovebird Jabodetabek (KBLJ)

Banyak hal menarik dari eksistensi KBLJ, terutama untuk perkembangan breeding lovebird di masa datang. Melalui media facebook dengan nama Komunitas Burung Lovebird Jabodetabek (KBLJ). Forum ini bertujuan untuk memudahkan para penggemar lovebird dalam mencari burung yang diinginkannya di wilayah Jabodetabek sekaligus berusaha meminimalisasi berbagai praktik penipuan jual-beli burung secara online. Beberapa waktu belakangan KBLJ berkembang menjadi wadah silaturahmi antara penggemar, penangkar maupun pelaku usaha lain yang terkait dengan lovebird, seperti perajin kerodong, sangkar, dan aksesoris LB lainnya.

Kegiatan KBLJ antara lain; berbagi pengalaman dalam penangkaran lovebird, menentukan jenis kelamin, penyakit, silsilah atau keturunan, mutasi dari sembilan jenis lovebird, dan sebagainya. KBLJ juga meramaikan lomba-lomba lovebird, membuat sistem pencatatan ring bagi anggota, agar silsilah lovebird hasil penangkaran terdata dengan baik,

Visi, Misi, dan Rencana aksi KBLJ

Sesuai dengan kesepakatan antar-anggota, KBLJ memiliki visi yaitu “Menjadi komunitas tempat bernaungnya penghobi burung lovebird di wilayah Jabodetabek untuk bersilaturahmi, berdiskusi, berkreativitas, berprestasi, berderma dengan berdasarkan atas rasa kebersamaan dan menjunjung tinggi persahabatan”.

Visi itu kemudian dijabarkan dalam beberapa misi berikut ini:

a. Menjadikan KBLJ sebagai wadah para penghobi burung lovebird di wilayah Jabodetabek.
b. Menjadikan KBLJ sebagai tempat yang aman dan nyaman untuk bertransaksi lovebird secara online.
c. Menjadikan KBLJ sebagai sarana bertukar pengalaman penanganan burung lovebird.
d. Menjadikan KBLJ sebagai sarana berkreativitas yang berkaitan dengan burung lovebird.
e. Menjadikan KBLJ sebagai komunitas yang berprestasi dalam berbagai ajang di wilayah regional (Jabodetabek), nasional, dan internasional.
f. Menjadikan KBLJ sebagai komunitas yang peduli dengan sesama.

Adapun rencana aksi yang sudah disusun antara lain:

a. Meminalisasi tindak kriminal transaksi burung lovebird online di grup KBLJ dan memudahkan penghobi untuk mendapatkan burung lovebird dan segala pernak-perniknya di wilayah Jabodetabek.
b. Membuat penangkaran lovebird yang dikelola oleh anggota KBLJ.
c. Melakukan penggalangan dana untuk berderma, seperti panti asuhan, yayasan tuna netra, dan sebagainya, dari hasil penjualan pernak-pernik KBLJ dan penangkaran yang dikelola para anggota KBLJ.
d. Menstandarkan harga lovebird.
e. Membuat strain baru atau warna- warna mutasi yg belum ada di pasaran.
f. Membuat lovebird bukan hanya sebagai burung kicauan, melainkan dapat dijadikan bahan kolektor yang diburu untuk mengkoleksi warna-warna mutasi.
g. Meramaikan lomba-lomba di kelas lovebird.
h. Mencatat hasil silsilah atau keturunan agar tidak rancu.

Demikian informasi yang dapat Samlovebird sampaikan semoga bermanfaat. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .



0 Response to "Beberapa Komunitas Pecinta Lovebird di Indonesia"

Posting Komentar

Histats