Tips Cara Meloloh Anakan Lovebird Berusia 7 Hari

Cara Meloloh Anakan Lovebird - Pada dasarnya meloloh atau memberi makan anakan lovebird adalah tugas induk. Namun karena lovebird tersebut dipelihara maka mustahil induk terbang kesana kemari mencari makanan di alam bebas. Maka dari itu ada istilah meloloh yang dilakukan pemilik lovebird sebagai pengganti induknya dalam memberi makan. Namun aktifitas ini hanya boleh dilakukan pada anakan lovebird, jika sudah dewasa maka lovebird harus bisa mandiri agar bisa segera dikawinkan.

Meloloh Anakan Lovebird
 
Pada umumnya  anakan lovebird sudah bisa di ambil dari induknya mulai umur 7 hari. Cara memberi makan anakan lovebird umur 7 hari harus ekstra hati-hati, pilihlah makanan yang halus dan mengandung cukup gizi dan nutrisi untuk pertumbuhan anakan lovebird.


Makanan yang biasa diberikan bisa bisa dibeli di toko burung, atau bisa juga menggunakan makanan atau bubur untuk anak bayi seperti bubur beras merah atau kacang hijau lalu campurkan dengan air bersih atau air matang. Campuran makanan dan air di sesuaikan dengan umur burung. Semakin anakan bertambah besar makananpun agak kental. Berikut Samlovebird akan membagikan cara-cara untuk meloloh anakan lovebird :

Pertama siapkan alat-alat yang dibutuhkan terlebih dahulu, seperti;

a. Suntikan (bisa dibeli di apotik) cabut jarum suntik nya karena kita tidak menggunakannya
b. Karet Pentil (bisa dibeli di toko sepeda / bengkel sepeda) potong atau gunting karet pentil tersebut kira-kira ukuran 4cm, kemudian pasang di ujung atas pada suntikan "pengganti jarum suntik"
c. Siapkan mangkok kecil dan sendok untuk mengaduk makanan anak lovebird
d. Siapkan bubur (makanan) khusus untuk anakan lovebird (bisa di beli di toko burung / dari pembuatnya langsung) Contoh

Cara meloloh bubur ke anakan lovebird dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Di sendokkan

Sisi sendok dibuat melengkung seukuran paruh bawah burung dewasa. Diperlukan beberapa sendok sesuai kebutuhan banyaknya anakan Love Bird. Cara ini sangat mudah dan disarankan untuk pemula, agar dapat memperkecil risiko terlalu banyak pakan yang dilolohkan maupun tersedak. Peralatan juga dapat di disenfektan dengan mudah.

2. Suntikan
Gunakan alat suntik ukuran 1 – 50 cc tanpa jarum dan karet angin ban (kelep). Masukkan suntikan ke paruh dengan agak di tekan dan harus cepat, agar anakan Love Bird dapat segera menelan sesuai dengan refleks alami. Untuk menjaga agar bubur masuk dengan efektif, suntikan dilakukan dengan cara masuk dari sisi kiri paruh dan segera bergeser ke kanan sewaktu memulai penekanan suntikan pada kerongkongan.

Penekanan yang berlebihan dapat menyebabkan tersedak, namun beberapa jenis burung menunjukkan agresifitas saat disuapi terlalu lambat yang dapat menyebabkan tumpah. Kebanyakan peternak menggunakan suntikan yang sama untuk beberapa hari. Dalam kasus ini, suntikan harus di cuci dan di disenfektan. Karena metode ini mendorong refleks menelan alami, maka burung juga dapat lebih mudah makan saat sudah dapat makan sendiri.

3. Crop Tube (suntikan tembolok)


Dengan metode ini, makanan langsung dimasukkan ke tembolok dengan suntikan berleher panjang. Penggunaan metode ini juga disarankan masuk dari sisi kiri paruh dan segera bergeser ke kanan. Metode ini tidak disarankan untuk pemula karena dapat mengakibatkan tembolok luka.

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika meloloh anakan lovebird;

a. Suhu Makanan
b. Frekuensi pemberian makanan
c. Kualitas makanan
d. Pemberian makan pertama kali
e. Penanganan
f. Peralatan
g. Inkubator

Demikian informasi yang dapat Samlovebird bagikan semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikel Samlovebird kali ini. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

Baca Juga : Tips Cara Meracik Pakan Lovebird Biar Ngekek Korslet

0 Response to "Tips Cara Meloloh Anakan Lovebird Berusia 7 Hari"

Posting Komentar

Histats