Cara Cek Kesehatan Lovebird

Cara Cek Kesehatan Lovebird - Mengetahui cirri-ciri lovebird yang sehat akan sangat bermanfaat dalam memelihara lovebird. Apalagi bagi anda yang mulai akan memelihara lovebird, ketika anda mulai memilih lovebird yang akan dibeli di pasaran maka kejelian untuk mengecek kondisi kesehatan lovebird sangatlah penting.


Berikut Samlovebird akan memberikan beberapa ulasan cara-cara mengecek kesehatan lovebird :

Cara Cek Kesehatan Lovebird

1. Gerakan yang aktif dan lincah

Burung Lovebird sehat bisa kita lihat gerakannya yang aktif dan lincah. Burung lovebird yang sehat akan hinggap di tenggeran dengan gagah, gesit dan juga riang gembira karena pada dasarnya lovebird merupakan burung yang aktif bergerak dan juga cukup gesit. Maka tidak heran jika banyak pemula yang kerepotan membersihkan sangkar lovebird karena makanan atau minumannya sering tumpah berantakan.

2. Dilihat dari sayap

Selain itu, kita juga bisa melihat kesehatan Burung Lovebird dari kedua sayapnya. Jika kedua sayap Burung Lovebird tersebut mengapit rapat pada bagian sisi tubuhnya, maka Burung Lovebird tersebut bisa dibilang sehat. Namun jika sayap Burung Lovebird tersebut terkulai apalagi jika hingga menyentuh tanah, ini tandanya Burung Lovebird tersebut dalam kondisi buruk.

3. Kondisi bulu


Burung Lovebird yang sehat juga bisa dilihat dari kondisi bulu-bulu yang tumbuh di seluruh tubuh. Jika bulu Burung Lovebird tersebut tersusun dengan rapat dan kuat, ini bisa dibilang baik. Namun jika Burung Lovebird tersebut sering mengembangkan bulu-bulunya, apalagi bila burung tersebut selalu berada di dasar kandang dan jarang sekali naik ke tangkringan. Ini tandanya ada masalah kesehatan pada Burung Lovebird tersebut. Selain itu, kita juga bisa melihat dari kondisi bulu-bulu halus disekitar daerah kloaka/vent. Jika bulu-bulu tersebut cukup bersih, ini tanda Burung Lovebird tersebut sedang sehat. Namun jika kondisinya terlihat banyak bekas kotoran, besar kemungkinan Burung Lovebird tersebut sedang terkena gangguan kesehatan seperti mencret dll.

4. Kotoran


Kita juga bisa mengetahui kesehatan Burung Lovebird dari kotorannya (feces), kotoran yang sehat berupa gumpalan padat. Sedangkan, jika kotorannya berair dan lembek itu tanda ada masalah pada pencernaan atau perutnya.

5. Mata

Cara mengetahui Burung Lovebird yang sehat juga bisa dilihat lewat tatapan matanya yang tajam, bersinar, bening dan bulat. Mata burung lovebird tersebut akan terlihat terang berbinar-binar. Jangan memilih Burung Lovebird yang tatapan matanya tampak sayu, berair maupun selalu terpejam.

6. Nafsu makan


Nafsu makannya normal seperti biasa, tidak mengalami gangguan dalam menelan, tidak minum berlebihan. Kita bisa mencobanya dengan memberikan buah-buahan dan sayur-sayuran pada Burung Lovebird tersebut, jika burung tadi aktif memakannya, ini juga tanda salah satu ciri dari burung yang sehat. Namun harus diketahui juga, bahwa Burung Lovebird yang sehat tidak berarti burung yang makan terus. Burung Lovebird yang dalam kondisi tidak sehat biasanya berada tidak jauh dari tempat makannya, sebab mereka malas untuk bergerak.

Tidak hanya masalah kondisi kesehatan lovebird itu sendiri namun pastikan juga burung tersebut tidak memiliki cacat tubuh, misalnya kakinya pengkor atau pincang, ada keretakan pada paruh atas atau paruh bawah. Burung Lovebird yang memiliki cacat tubuh jelas akan menghambat proses perawatan Burung Lovebird tersebut selanjutnya atau bahkan cacat tubuh tersebut disebabkan oleh suatu penyakit.

Demikian sekilas informasi yang dapat Samlovebird sampaikan. Semoga dapat membantu anda untuk mengecek kondisi lovebird yang anda miliki atau ketika anda ingin membeli seekor lovebird yang sehat. Terimakasih sudah membaca artikel Samlovebird kali ini. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Cara Cek Kesehatan Lovebird"

Posting Komentar

Histats