Cara Cepat Menernak Lovebird

Cara Cepat Menernak Lovebird - Menernak lovebird bisa dikatakan gampang-gampang susah, tidak seperti unggas yang dapat bertelur hingga beberapa kali dalam satu tahun, lovebird idealnya hanya dapat bertelur 4 kali dalam setahun. Jika anda gegabah ingin memperoleh banyak hasil, betina lovebird bisa menghasilkan anakan yang kurang bagus dan betina rawan jatuh sakit. Semua telur memang tidak selalu dapat menetas, untuk mengatasi masalah tersebut anda harus jeli ngeanalisa faktor-faktor yang membuat telur tersebut tidak bisa menetas. Bisa jadi anda salah melakukan persilangan sehingga telur yang dihasilkan infertile, bisa juga dari lingkungan sekitar lovebird yang terlalu ramai.


Cara Cepat Menernak Lovebird

Nah berikut Samlovebird akan memberikan beberapa tips cara agar telur lovebird cepat menetas:

1. Proses Mengerami

Umumnya lovebird akan mengerami selama 21 hari hingga 30 hari, selama rentang mulai di hari yang ke 21 telur telur tersebut akan mulai menetas satu per satu di waktu yang berbeda jadi anakan lovebird akan memiliki ukuran tubuh yang berbeda karena menetas tidak bersamaan. Ini adalah hal alamiah yang dialami semua lovebird. Perlu dicatat, ketika induk dalam masa mengerami, anda harus menjaga lingkungan sekitar kandang lovebird agar tidak ramai. Kalau suasana ramai dan bising, indukan betina akan sering keluar kandang meninggalkan telur yang sedang di eraminya karena merasa stress, sedangkan kondisi suhu telur harus tetap terjaga, hal ini dapat membuat telur tidak akan bisa menetas. Dan juga selama indukan betina mengerami, kita harus menjaga birahi lovebird jantan. Jika birahi lovebird jantan naik namun lovebird betina sedang mengerami maka pejantan akan mengganggu betina untuk kawin. Apabila lovebird jantan sudah birahi kita harus mengambil lovebird jantan untuk ditaruh di kandang yang berbeda. Tujuannya adalah agar lovebird betina fokus mengerami telur.

2. Kandang Lovebird

Untuk membuat telur menetas semua sebenarnya poin kunci adalah suhu. Anda harus menjaga suhu disekitar tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin, maka posisi kandang pun juga harus di perhatikan. Sebelum mulai beternak lovebird, sebaiknya anda mencari tempat yang layak sebagai kandang lovebird. Samlovebird menyarankan agar tidak meletakkan kandang lovebird di garasi mobil atau dapur, tempat dengan suhu yang sering panas. Karena telur lovebird sangat rentan, embrionya akan kering jika berada dilingkungan dengan suhu yang terlalu panas. Begitu juga dengan udara/suhu dingin, embrio tidak akan berkembang jika suhu disekitarnya terlalu dingin. Lebih baik meletakkan kandang didalam rumah dan tidak menggunakan asbes sebagai atap kandang karena sifat asbes yang menangkap panas. Dan baiknya indukan lovebird yang ditaruh pada kandang koloni dibandingkan ternak di sangkar kandang kotak besi. Pada kandang koloni biasanya banyak telur yang menetas. Mungkin karena lovebird merasa lebih nyaman di kandang koloni  karena terasa seperti di alam bebas.

3. Pakan Lovebird

Berikan pakan yang banyak mengandung vitamin da protein pada lovebird yang sedang bertelur untuk menghindari telur yang kuwuk ketika dierami. Beberapa pakan yang mengandung protein yang baik untuk lovebird adalah biji-bijian seperti biji kenari, jagung muda, atau biji oat. Berikan juga makanan kesukaan lovebird lain seperti buah apel, dan hindari makanan yang akan memberi dampak buruk pada lovebird seperti alpukat dll.

Demikian informasi yang dapat Samlovebird bagikan untuk para Lovebird Mania kali ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menambah wawasan para Lovebird Mania tentang seputar cara cepat menernak lovebird. Terimakasih sudah membaca artikel Samlovebird kali ini. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Cara Cepat Menernak Lovebird"

Posting Komentar

Histats