Alasan Mengapa Lovebird Tidak Mau Kawin

Alasan Lovebird Tidak Mau Kawin - Perjodohan lovebird atau perkawinan adalah faktor utama dalam beternak lovebird. Pemula biasanya butuh waktu berminggu-minggu agar lovebirdnya siap dikawinkan. Breeder harus jeli akan permasalahan lovebird yang susah kawin, karena ini akan mempengaruhi produktivitas ternak lovebird. Jadi sebelum memaksakan lovebird untuk menikah maka kenali dulu sebab-sebabnya sehingga anda tidak salah mengambil treatment untuk lovebird anda.


Sebenarnya ada beberapa faktor yang memperngaruhi kesiapan lovebird untuk kawin. Berikut kami jabarkan;

Alasan Lovebird Tidak Mau Kawin

1. Lovebird Tidak Jodoh

Sebagaimana manusia, lovebird yang dipertemukan juga tidak selamanya jodoh. Adakalanya mereka tidak memiliki ketertarikan sama sekali karena merasa tidak cocok dengan pasangannya. Sehingga salah satu lovebird bersikap pasif dan cenderung menghindari. Jika sudah demikian maka akan sulit untuk mengawinkan lovebird tersebut. Selain itu, jodohan baru yang pertama kali dipertemukan biasanya membutuhkan waktu agar tertarik satu sama lain.

2. Belum Berahi

Penyebab lain yang sering terjadi ialah usia burung yang memang belum memasuki masa birahi atau dalam di dunia manusia disebut dengan lemah syahwat. Hal ini akan menyebabkan lovebird tidak mau kawin karena nafsu atau birahinya kurang. sehingga meskipun didekatkan dengan lawan jenisnya, mereka sama sekali tidak merasa tertarik. Cara efektif yang biasanya dilakukan oleh para breeder agar burung miliknya cepat kawin adalah memberikan asupan makanan yang mampu menaikkan birahinya. Lalu sering lakukan mandi dan jemur yang rutin, campur pakan dengan canary seed dan berikan esktra fooding berupa kangkung dan jagung setiap harinya.

3. Usia

Jika lovebird belum cukup umur untuk dikawinkan maka prosentase keberhasilan dalam bertelur hampir tidak ada karena embrio akan rusak sebelum menjadi telur atau telur akan kosong dengan embrio yang kering atau rusak. Usia terbaik untuk beternak lovebird adalah di atas 7 bulan. Pada umur 7 bulan, lovebird sudah menginjak dewasa, kondisi birahi dan sistem reproduksinya sudah bagus. Solusinya anda harus memilih calon indukan yang berusia matang (7 bulan keatas).

4. Gizi Dan Kesehatan

Faktor kesehatan juga sangat berpengaruh pada produktivitas karena jika pasangan lovebird ada yang sakit maka otomatis nafsu untuk kawin menjadi berkurang. Jadi, perhatikan baik-baik asupan gizi yang dikonsumsi lovebird untuk meminimalisir kemungkinan sakit. Salah satu penyakit yang sering hinggap pada lovebird adalah snot atau sakit mata. Meski kelihatan sepele, namun penyakit menular ini jika dibiarkan dapat menyebabkan kematian. Lakukan tindakan isolasi  pada lovebird yang sakit agar tidak menular pad yang lainnya. Jangan lupa untuk sesekali memberikan suplemen pada makanan berupa vitamin burung untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya agar tidak rentan. Perhatikan juga pola makan lovebird, apakah sudah cukup nutrisi untuk menaikkan berahi lovebird. Anda bisa memberikan pakan selingan untuk menaikkan berahi lovebird, seperti kangkung atau toge, dengan begitu lovebird akan lebih agresif dan cepat kawin.

Selain masalah pola makan, penting pula untuk memperhatikan kebersihan dari sangkar dan tempat makanan agar tetap higienis dan tidak terganggu dengan predator seperti semut dan serangga. 

5. Lingkungan Yang Terlalu Ramai

Jika lovebird berada di lingkungan yang kurang kondusif dan cenderung ramai maka ia tidak akan focus untuk kawin dan cenderung sering keluar dari gelodok. Bisa jadi lovebird akan menganggap suara-suara mengganggu tersebut sebagai ancaman,dan alhasil ia tak akan mau dikawinkan.

Demikian ulasan dari Samlovebird mengenai beberapa faktor yang membuat lovebird tidak mau kawin. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikel kami. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Alasan Mengapa Lovebird Tidak Mau Kawin"

Posting Komentar

Histats