Cara Mudah Menyuapi Lolohan Anakan Lovebird

Cara Mudah Menyuapi Lolohan Anakan Lovebird - Untuk anda pecinta lovebird sejati pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘meloloh’ namun bagi anda yang masih pemula ada baiknya anda terus menyimak ulasan Samlovebird mengenai cara mudah menyuapi lolohan anakan lovebird atau dengan bahasa smplenya, menyapih. Meloloh anakan burung lebih sering dikenal dengan istilah hand feeding yang lebih biasa digunakan dalam dunia penangkaran burung.

Hand feeding artinya memberikan makanan anakan burung dengan bantuan tangan manusia (bukan indukan burung). Dengan hand feeding akan diperoleh burung yang jinak dan lebih mudah dalam pemeliharaan. Cara memberi makan anak burung dengan cara spet ke paruh atau meloloh (bahasa Jawa) atau hand feeding (Inggris) sudah banyak dilakukan para penangkar burung lovebird dan kenari di Indonesia.


Meski demikian banyak juga yang tidak bisa atau tidak berani melakukannya karena takut burung cedera, mati atau takut terlalu menyita waktu.  Ada beberapa alasan mengapa anakan tidak di asuh oleh indukaanya. Karena sang indukan sudah tidak mau lagi meloloh sang anak, hal tersebut bisa dikarenakan beberapa faktor : Indukan stress karena glodok (sangkar) terlalu sering di buka oleh sang majikan (ini juga tidak berlaku untuk semua indukan). Indukan sudah birahi (biasanya terpengaruh oleh extra voding makanan dan vitamin sehingga masa birahi lebih cepat).

Cara Mudah Menyuapi Lolohan Anakan Lovebird
 
Untuk mendongkrak produktipitas bila kita angkat piyekannya dan di loloh dari sang induk agar induk lebih cepat birahi. Nah untuk anda yang masih bingung bagaimana cara meloloh dengan benar berikut ulasannya :

1. Buatlah jadwal

Lolohan dilakukan setiap 3 jam sekali atau 4jam sekali. Berikut Contohnya ;

    >     Jam 6        -    Jam 7 Pagi
    >     Jam 10    -    Jam 11 Pagi
    >     Jam 2        -    Jam 3 Siang
    >     Jam 6        -    Jam 7 Sore

2. Memberi Alas

Alasi anakan burung dengan tissue atau kertas agar bersih dan lolohan tidak tercecer.

3. Membuat Adonan Lolohan

Buat adonan lolohan, caranya; Ambil adonan secukupnya, gunakan air panas untuk mencampur adonan dengan suhu 46-48 C. Setelah di aduk rata pastikan suhu antara 38-40 C karena lolohan dingin tidak dianjurkan untuk lovebird.

Untuk penyuapan pertama kali buatlah adonan encer, kemudian berangsur-angsur ditambah kekenthelan adonan seiring pertambahan umur anakan lovebird. Perbandingan yang dapat digunakan dalam mencampur air dan bahan adonan adalah 2 : 1. Setelah itu dapat diukur ketepatannya dengan menambah air sedikit demi sedikit

4. Memasukkan Adonan ke Suntikan

Hisap adonan dengan suntikan hingga memenuhi setengah isi tabung. Sebaiknya disediakan 2 buah suntikan agar supaya anakan burung tidak terlalu lama menunggu giliran untuk segara mendapatkan suapan.

5. Ambil Lolohan Lovebird

Ambil anakan burung lovebird yang paling kecil,  sodorkan ujung suntikan ke mulut anakan tersebut, peganglah kepala anakan dengan ibu jari dan telunjuk dengan lembut, sodorkan ujung karet ke mulut anakan burung dorong tabung suntikan dengan lembut dan pelan. Bila anakan burung mulai memasukkan karet ke dalam kerongkongannya, ikuti gerakan tersebut sambil mendorong adonan dalam tabung dengan perlahan. Hentikan penyuapan apabila tembolok telah penuh.

6. Tempatkan Lolohan Lovebird ke Kotak Incubator

Tempatkan anakan burung yang telah kenyang ke kotak incubator dan lakukan penyuapan untuk anakan burung lovebird berikutnya.

Demikian cara paling sederhana untuk menyuapi lolohan anakan lovebird atau istilahnya menyapih anakan lovebird. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi seluruh pecinta burung dan terimakasih sudah membaca artikel Samlovebird. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Cara Mudah Menyuapi Lolohan Anakan Lovebird"

Posting Komentar

Histats