Cara Memilih Anakan Lovebird Untuk Diloloh

Cara Memilih Anakan Lovebird Untuk Diloloh - Tujuan meloloh sebenarnya adalah untuk mempercepat proses ternak lovebird. Semakin cepat peternak/ penangkar lovebird memisahkan anakan dengan induknya maka induk tersebut bisa berproduksi kembali. Jadi, telah selesai masa merawat anakan maka indukan lovebird akan mulai mempersiapkan diri untuk bertelur dan akhirnya beranak kembali. Namun banyak juga pemelihara lovebird khususnya pemula yang lebih memilih untuk meloloh pada usia yang lebih matang sehingga burung lovebird lebih mudan diloloh dan lebih tahan terhadap penyakit atau pun suhu udara yang tak menentu.

Lalu pertanyaannya bagaimana cara memilih anakan lovebird yang perlu diloloh? Seperti yang kita tahu bahwa anakan lovebird menetas berlainan hari. Ada yang menetas setelah 21 hari dari masa pengeraman, lalu ada juga yang 23 hari dan bahkan 26 hari. Jadi anakan lovebird akan terlihat berbeda ukuran tubuh, ada yang besar dan ada yang kecil.


Untuk itu Samlovebird akan memberi beberapa trik untuk memilih anakan yang perlu di loloh :

Memilih Anakan Lovebird Untuk Diloloh

1. Ambil anakan lovebird yang paling besar

Sekali bertelur indukan lovebird bisa menetaskan 3-4 ekor lovebird bahkan lebih, untuk anda yang masih pemula ambil saja 2 ekor anakan yang paling besar untuk diloloh dan minimal mengambilnya umur 3 minggu dihitung dari anakan yang pertama menetas. Tentunya anda harus jeli dalam memperkirakan.

2. Berumur 2 minggu

Anda juga bisa meloloh anakan yang sudah berumur 2 minggu. Umumnya mata anakan ini sudah terbuka atau sudah bisa melihat tapi masih kabur. Kalau yang berumur 3 minggu bulu-bulunya sudah mulai tumbuh sedikit. Pada usia ini bayi lovebird sudah bisa diloloh cukup tiga kali sehari dan yang paling penting mulut lovebird sudah muat untuk dimasuki pantil spet dalam meloloh. Karena dengan menggunakan metode spet kita tidak perlu membutuhkan banyak waktu hanya untuk meloloh bayi lovebird. Cukup dengan satu menit untuk meloloh satu bayi lovebird.

3. Berumur 1 atau 2 hari


Untuk anda yang mempunyai banyak waktu luang dirumah untuk merawat lovebird, anda dapat langsung mengambil anakan lovebird untuk diloloh sendiri. Terlebih jika induk menetaskan lebih dari 3 ekor karena sebagian akan mati karena kurang mendapat perawatan dari induk.

4. Berumur 1 bulan

Untuk anda yang memiliki tingkat kesibukan yang cukup tinggi dan tidak punya banyak waktu luang, biarkan indukan lovebird meloloh anak-anaknya hingga anak itu berusia satu bulan karena ketika bayi berusia satu bulan itu dipisah kita cukup memberikan dua kali sesi makan dalam sehari yakni pagi dan malam.

Sekedar tips tambahan dari Samlovebird, setelah anakan diambil dari glodok, jangan lupa untuk merawat indukannya dengan baik. Indukan juga diambil dan diletakkan pada kandang bulat yang tidak ada glodoknya. Indukan setiap hari dimandikan selama satu minggu setiap pagi hari. Untuk memulihkan stamina yang telah terkuras dan pasti kondisi indukan sedikit kurus. Jadi selama satu minggu berada di kandang bulat tetap diberi pakan jagung muda. Setelah indukan dimandikan bisa dijemur agak lama dari biasanya. Setelah satu minggu indukan sudah siap dimasukkan ke dalam kandang ternak lagi untuk produksi. Hal ini untuk menjaga kualitas indukan agar dapat cepat berproduksi lagi.

Demikian yang dapat Samlovebird bagikan semoga bermanfaat untuk seluruh para pecinta lovebird. Dan terimakasih sudah membaca artikel Samlovebird kali ini. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Cara Memilih Anakan Lovebird Untuk Diloloh"

Posting Komentar

Histats