Beberapa Cara Penilaian Dalam Perlombaan Lovebird Yang Perlu Anda Cermati

Cara Penilaian Dalam Perlombaan Lovebird - Saat ini event organizer untuk perlombaan lovebird sudah menjamur di berbagai wilayah Indonesia dan kelas lovebird memiliki jumlah sesi yang melebihi murai batu yang dulu lebih dahulu menjadi primadona. Dan banyak juga para pecinta burung yang mengeluhkan tiket sudah habis bahkan sebelum brosur lomba belum di publikasikan. Hal ini menunjukan besarnya minat kalangan pecinta burung untuk mengikuti lomba lovebird namun ada juga beberapa yang masih belum percaya diri untuk ikut serta karena tidak tahu dengan pasti apa yang menjadi poin-poin dalam penilaian perlombaan.

Di sisi lain beberapa pemain yang sudah banyak mengikuti kontes tidak memiliki pengetahuan mengenai penilaian lomba kelas lovebird sehingga tidak jarang menimbulkan salah persepsi pada juri dengan menuduh bahwa terjadi kecurangan dan merasa burungnya sudah gacor dan seharusnya bisa menjadi juara.


Nah maka dari itu sebagai penggemar lovebird anda harus tau bagaimana cara penilaian untuk perlombaan lovebird, berikut ulasannya;

Cara Penilaian Dalam Perlombaan Lovebird

Kriteria penilaian lomba pada kelas lovebird diutamakan pada beberapa hal berikut ini:

Irama


Irama adalah naik turunnya lagu / intonasi yang menggelombang. Yang ideal adalah irama naik-turun-naik-pelan-keras-kencang-pelan-landai-turun-keras, yang terus diulang-ulang.

Lagu

Lagu pada burung lovebird adalah murni suara ngekeknya. Boleh juga ditambah dengan suara isian lain yang memiliki frekuensi tinggi, namun masih memiliki suara khas asli lovebird alias suara ngekeknya.

Panjang lagu

Panjang lagu yang dinyanyikan atau ngekek lovebird itu bervariasi. Nah, dalam lomba, durasi minimal ngekek lovebird minimal di atas 25 detik, maksimal tidak terbatas karena ada yang mencapai 40 detik atau lebih.

Volume

Volume adalah tebal dan tipis suara yang dikeluarkan lovebird saat bunyi di lapangan. Yang tipis tentu kurang ideal dan sulit menang.

Speed / kerapatan lagu

Speed atau kerapatan lagu yang ideal pada lovebird sebenarnya yang sedang-sedang saja. Sebab apabila terlalu rapat, lovebird terkesan terlalu terburu-buru dalam mengeluarkan lagunya. Sebaliknya, apabila terlalu renggang / senggang, suaranya terdengar seperti patah-patah saat membawakan lagu.

Gaya

Gaya lovebird saat lomba memang bervariasi, sesuai dengan kebiasaan dan karakternya. Ada lovebird yang bergaya nyeklek, yaitu bunyi sambil membuka mulut, dengan kepala dan paruh yang proporsional. Ada juga lovebird yang memiliki bunyi njegleg kepala ke atas, seperti burung ngerol. Gaya ini juga bagus. Ada lagi lovebird dengan gaya ndlosor, tetapi masih keluar suaranya dan panjang. Ini juga bagus. Intinya di sini gaya hanyalah penunjang dalam penilaian lomba lovebird. Fokus penilaian tetap kembali ke irama, lagu, panjang lagu, dan volume.

Durasi kerja

Durasi kerja adalah kestabilan lovebird dalam berbunyi selama lomba berlangsung. Durasi kerja minimal dari seekor burung lovebird adalah 75 % dari total waktu lomba yang disediakan panitia. Apabila ada lovebird yang nakal (ngeruji sambil bunyi, ngeruji, turun ke bawah tangkringan, ngerambat, birahi –buka sayap dan ekor, miyik – bukaparuh, dan lain-lain) yang melebihi 35% waktu lomba, hal ini jelas akan mengurangi penilaiannya. Seekor lovebird dianggap memiliki kamapanan dalam bunyi, apabila dia nampil atau mau berbunyi di atas tangkringan yang ada sangkarnya, tidak merambat, tidak turun ke bawah tangkiringan, tidak birahi, dan sebagainya.

Durasi bunyi

Burung lovebird akan disaring tim juri berdasarkan berapa kali ia bunyi. Juri akan memantau frekuensi bunyi, yang dikombinasi dengan tujuh kriteria sebelumnya. Makin sering bunyi, makin bagus pula nilainya, yang kemudian digabungkan dengan penilaian dari segi irama, lagu, panjang lagu, volume, speed, gaya, dan durasi kerja.

Demikian informasi yang dapat Samlovebird sampaikan, semoga bermanfaat. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Beberapa Cara Penilaian Dalam Perlombaan Lovebird Yang Perlu Anda Cermati"

Posting Komentar

Histats