Tips Cara Memindah Koloni Lovebird

Cara Memindah Koloni Lovebird - Kamu mungkin salah satu yang memilih memelihara lovebird dengan sistem koloni. Ya, sistem koloni ini memang terkenal lebih mudah dari pada sistem personalan. Dengan mengelompokkan lovebird menjadi satu koloni maka kamu akan meminimalisir perawatan karena hanya akan melakukan sekali kerawatn untuk banyak lovebird.



Namun tahukah kamu hal ini tidak seindah bayanganmu? Pemeliharaan lovebird dengan cara koloni juga sering menimbulkan beberapa masalah pada lovebird yang menjadi koloni tersebut. Apakah permasalahannya? Permasalahannya adalah lovebird yang berada dalam satu koloni tersebut bisa menjadi stress, cedera satu sama lain bahkan bisa menimbulkan kematian.

Pada kebanyakan kasus yaitu lovebird akan stress dan kicauannya menjadi kacau. Caranya yaitu dengan memindah koloni lovebird tersebut. Lalu bagaimana cara memindah koloni lovebird? Berikut ulasannya.

Cara Memindah Koloni Lovebird 

Kamu bisa memindah koloni lovebird dengan cara berikut ini.

1. Mengurangi Jumlah Burung di Kandang Koloni

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebagai cara memindah koloni lovebird yaitu mulailah dengan mengurangi jumlahnya terlebih dahulu. Dengan mengurangi jumlah burung di dalam koloni maka hal ini akan meminimalisir terjadinya stress yang disebabkan oleh kebanyakan anggota di koloni. Lovebird bisa lebih merasa lega dan tidak terlalu sempit lagi seperti sebelumnya.

2. Pisahkan Burung yang Agresif

cara memindah koloni lovebird yang selanjutnya yaitu perhatikanlah mana lovebird yang terlalu agresif lalu pindahkanlah ke tempat yang berbeda. Sikap lovebird yang terlalu agresif dan suka menyerang satu sama lain akan membahayakan bagi lovebird disekitarnya. Ke agresifan tersebut bisa mengganggu dan menyebabkan stress pada lovebird.

3. Perhatikan Kecocokan Tiap Lovebird

Didalam sebuah koloni, mungkin saja ada beberapa lovebird yang tidak cocok satu dengan lainnya sehingga hal itu akan menimbulkan ketidaknyamanan dan menimbulkan sikap agresif pada burung. Kamu harus memperhatikan kecocokan diantara para lovebird dalam koloni lalu pisahkanlah mereka.

4. Tangkringan Terpisah

cara memindah koloni lovebird yang selanjutnya yaitu dengan memberikan tangkringan secara terpisah untuk privasi burung dan mencegahnya dari stress. Dengan memberikan tangkringan terpisah ini lovebird akan lebih nyaman dan tidak stress. Karena jika tangkringan hanya sedikit maka lovebird mungkin akn berebut satu sama lain dan menimbulkan stress.

5. Perhatikan Postur Lovebird

Hal ini merupakan hal yang juga penting sebagai cara memindah koloni lovebird. Kamu harus memindahkan lovebird sesuai dengan ukuran tubuh dan postur tubuh yang dimiliki si lovebird. Akan sangat berbahaya jika kamu mengkoloni lovebird dengan ukuran dan postus yang berbeda maka si lovebird yang lebih besar akan mendominasi dan bersikap agresif terhadap yang lainnya dan menjadikan yang bertubuh kecil menjadi stress.

Memelihara lovebird secara koloni memang memberikan banyak manfaat bagi kamu, namun alangkah lebih baiknya jika kamu juga mempertimbangkan kesehata mental dan kenyamanan di lovebird yang berada dalam koloni. Kamu harus menempatkan lovebird tersebut didalam koloni yang benar untuk meminimalisir hal-hal yang tidak nyaman bagi lovebird.

Jika lovebird terlanjur stress selain dengan cara memindah koloni lovebird tersebut kamu juga bisa memberinya beberapatindakan lain seperti menjemurnya, memberikannya makanan tambahan dan beberapa vitamin dan mineral, suplemen yang mengandung probiotik, serta obat obatan yang bisa meningkatkan hemoglobin darah.

Sekian dari cara memindah koloni lovebird yang telah diulas. Selamat mencoba dirumah dan tetaplah perhatikan kebutuhan lovebird kesayangan kamu. Terimakasih. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Tips Cara Memindah Koloni Lovebird"

Posting Komentar

Histats