Cara Ampuh Mengobati Penyakit Nyilet Lovebird

Cara Mengobati Penyakit Nyilet Lovebird - Selain melatih lovebird kesayangan menjadi gacor dan berkicau panjang, satu hal penting yang harus diperhatikan adalah kesehatan lovebird. Lovebird dengan harga puluhan juta tidak aka nada artinya jika anda tidak bisa memelihara kesehatannya dengan baik. Ada beberapa penyakit yang rentan menyerang lovebird seperti, bubul, cacingan, kutu, snot dll. Namun saat ini penyakit lovebird yang paling mengkhawatirkan adalah nyilet. Nyilet rentan bisa membuat burung mati. Nyilet adalah istilah untuk lovebird yang mengalami penurunan berat badan yang tidak normal sampai tulang dadanya menonjol dan lancip seperti silet.


Beberapa faktor yang menyebabkan lovebird nyilet diantaranya burung kurang gizi, terkena penyakit gondok, burung keracunan logam, burung terkena cacing. Dan yang paling sering dialami oleh burung adalah kekurangan gizi dan juga cacingan maka dari itu kita akan membahas tentang cara penanganannya agar burung gemuk dan sehat kembali. Lalu bagaimana cara mengobati penyakit nyilet pada lovebird? Berikut ulasannya;

Cara Mengobati Penyakit Nyilet Lovebird

1. Bersihkan kandang dan lingkungan lovebird atau pindahkan burung pada sangkar khusus serta jangan lupa untuk di kerodong.

2. Hentikan mandi dan menjemur sementara

3. Berikan obat cacing, berikan sesuai anjuran pakai

4. Saat diberi obat cacing lovebird hanyaboleh minum dari pagi sampai siang (puasa)

5. Jika pengobatan berhasil cacing akan keluar lewat kotoran dan dubur lovebird

6. Selain menggunakan obat cacing, anda juga dapat memberikan obat lovebird nyilet yang dapat anda beli di kios-kios burung yang menyediakan obat lovebird kurus.

7. Berikan pakan setalah 1 jam pemberian obat tadi, pakan milet putih dapat dicampur kenari seed dan bijian lainnya, jangan lupa pemberian jagung muda agar burung cepat gemuk kembali.

8. Ulangi pemberian obat cacing tadi setiap pagi selama 3 hari berturut-turut, dengan ketelatenan dan kesabaran dapat dipastikan burung akan segera sehat kembali.

Selain karena cacingan, nyilet juga dapat disebabkan karena lovebird kurang gizi. Lalu bagaimana mengatasi lovebird yang nyilet karena kekurangan gizi? Berikut tips-tipsnya;

Kasus nyilet karena kurang gizi ini biasanya terjadi pada lovebird yang dijodohkan karena lovebird yang sedang memproduksi telur banyak membutuhkan gizi untuk menghasilkan telur. Lovebird yang meloloh anaknya juga perlu tambahan pakan seperti jagung muda dan kangkung agar anaknya cepat gemuk serta indukan tidak kurus karena kekurangan makanan. Lovebird yang kurang gizi biasanya hanya diam dibawah sambil memilih-milih makanan yang jatuh didasar sangkar. Perilaku ini sering terjadi karena kemungkinan lovebird hanya diberi pakan milet putih saja setiap hari tanpa pemberian ekstra fooding.

Burung lovebird selain diberi makan milet putih sebaiknya diberi exstra fooding juga berupa jagung muda dan juga kangkung. Pemberian EF tidak perlu setiap hari, seminggu cukup 2 kali saja. Pemberian jagung pada lovebird ditujukan agar burung mendapatkan tambahan nutrisi agar burung tidak kurus dan nyilet. Pemberian vitamin yang dicampur pada minuman juga dapat memperkuat kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Jika menurut anda jagung kurang efektif dan tidak bisa tahan lama, anda dapat membeli extra fooding yang dijual di pasaran, tetap perhatikan kandungan vitamin yang tertera agar dapat memenuhi kebutuhan gizi lovebird anda.

Demikian informasi dan tips-tips seputar cara mengobati nyilet pada lovebird yang dapat Samlovebird sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat memberi wawasan lebih. Terima kasih sudah membaca artikel Samlovebird kali ini. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Cara Ampuh Mengobati Penyakit Nyilet Lovebird"

Posting Komentar

Histats