Beberapa Jenis Obat Untuk Lovebird

Jenis Obat Untuk Lovebird - Bagi anda yang masih seorang pemula dalam memelihara lovebird, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam perawatan lovebird terutama kesehatannya. Burung termasuk jenis binatang yang rentan akan penyakit dan jika sudah terjangkit tidak perlu panik dulu, identifikasi apa penyebabnya lalu ambil tindakan pengobatan yang tepat.





Ada beberapa jenis obat yang efektif bagi lovebird yang sudah Samlovebird rangkum dari berbagai sumber, diantaranya;

Jenis Obat Untuk Lovebird

1. Betadin china untuk luka robek, dapat diperoleh di apotik terdekat.

2. Trimezyn untuk snot, mencret kuning, berak kapur dan CRD, dapat diperoleh di kios burung.

3. Trimezyn B plus untuk infeksi saluran pernafasan dan infeksi saluran pencernaan, dapat diperoleh di kios burung

4. Aletrol untuk penyakit mata, dapat diperoleh di apotik terdekat

5. Biojana 6 for bird untuk metabolism dan menjaga kebugaran tubuh burung, dapat diperoleh di kios burung

6. Antibiotic injeksi untuk mengobati snot dan nyilet, dapat diperoleh di dokter hewan terdekat

7. Vitalur untuk meningkatkan produksi dan memperkuat daya tahan burung, dapat diperoleh di kios burung

8. Terra cortril untuk mengobati snot dan mata berair pada burung, dapat diperoleh di apotik

Selain obat-obatan diatas, anda juga bisa mencoba obat herbal yang lebih alami dan tidak membutuhkan biaya terlalu mahal, berikut ulasannya;

Lidah Buaya


Jika lovebird mengalami stres yaitu sering mencabuti atau menggigiti bulu-bulunya, gunakan lidah buaya dengan campurkan cairan lidah buaya ke dalam air, lalu semprotkan cairan ini saat burung mandi. Lidah buaya (Aloe vera) memiliki rasa pahit, sehingga bisa menghentikan kebiasaan burung yang suka menggigit atau mencabut bulu-bulunya sendiri. Selain itu, lidah buaya bermanfaat untuk melembabkan permukaan kulit burung, mengurangi rasa gatal, dan iritasi.

Cabai 

Cabai memiliki khasiat untuk membantu pencernaan burung, karena mengandung vitamin A, C, dan B kompleks, serta mineral penting seperti kalsium, fosfor dan zat besi. Bahkan cabai juga berkhasiat sebagai obat antiradang dan menyembuhkan radang sendi pada lovebird. Lovebird pun menyukai rasa pedas dari cabai ini. Ini bisa menjadi salah satu alternatif makanan herbal untuk burung anda, tentu dengan pemberian yang tidak berlebihan.

Chamomile

Chamomole tumbuh di seluruh wilayah Eropa dan Asia yang memiliki empat musim. Khasiat bagi lovebird adalah memberikan efek menenangkan untuk menghilangkan stress. Karena itu, chamomile kerap digunakan sebagai bahan obat penenang alami paling aman dan paling ringan, sehingga bisa diberikan kepada burung dalam bentuk bunga segar atau kering. Anda juga bisa merendamnya dalam air minum, untuk menenangkan burung yang stres.

Kayumanis

Serbuk kayu manis bisa digunakan sebagai alat penghalau parasit seperti semut atau serangga kecil lainnya, jika ditaburkan ke dasar kandang bisa menimbulkan aroma wangi dan mengusir semut. Khasiat lain dari kayumanis adalah memiliki efek antibakteri yang ringan, yang penggunaannya bisa ditaburkan pada makanan segar dalam cuaca panas untuk mencegah pertumbuhan bakteri patogen pada makanan burung.

Jahe


Beberapa iris jahe bisa mecegah regurgitasi (mabuk) pada burung. Hal ini dapat terjadi ketika anda membawa burung anda bepergian agak jauh. Beberapa burung paruh bengkok seperti lovebird diketahui sering mengalami mabuk dalam perjalanan, setutama saat terjadi goncangan, perut kembung, dan masuk angin. Jadi pemberian beberapa iris jahe bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Demikian informasi yang dapat Samlovebird sampaikan semoga bermanfaat. Dan terimakasih sudah membaca artikel Samlovebird kali ini. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Beberapa Jenis Obat Untuk Lovebird"

Posting Komentar

Histats