6 Obat Alami Untuk Mengatasi Penyakit Pada Lovebird


Obat Alami Untuk Mengatasi Penyakit Pada Lovebird - Selain menggunakan obat-obatan kimia yang tersedia di apotik maupun kios burung, anda juga dapat mencoba obat alami untuk menangani penyakit lovebird. Selain harganya lebih terjangkau, meskipun sering dikonsumsi lovebird, herbal tidak akan memberi efek samping seperti obat-obatan kimia.

Berikut beberapa obat alami untuk penyakit lovebird yang sudah Samlovebird rangkum dari berbagai sumber;
Daun Sirih Merah Untuk Snot


Obat alami untuk menyembuhkan snot dapat menggunakan daun sirih merah dan juga bunga kitolot, untuk penggunaannya adalah sebagai berikut : daun sirih merah ini berbeda dengan daun sirih pada umumnya, ruas pada daun sirih ini berwarna merah dan bila diteteskan pada mata rasanya lebih perih. Untuk pengobatannya berikan 7 lembar daun sirih diremas-remas dan dicampur dengan air 1 liter, air ini digunakan untuk memandikan burung agar bakteri yang menempel pada burung cepat mati. 

Daun sirih merah ini juga sudah terbukti khasiatnya sebagai bahan antiseptik yang dapat membunuh bakteri kuman penyakit. Atau bisa juga digunakan sebagai obat tetes mata burung; siapkan 3 lembar daun sirih merah yang sudah dicuci bersih kemudian diremas sampai halus, remasan halus ini jika dipencet akan keluar air yang licin, air itulah yang digunakan untuk obat tetes mata, agar lovebird cepat sembuh teteskan 3 x 1 hari.

Bunga Kitolod Untuk Snot 


Sudah tidak diragukan lagi kasiat bunga kitolot untuk pengobatan mata, mata snot dan katarak pun perlahan sembuh dengan bunga ini. Cara pembuatannya seperti daun sirih tadi bunga cukup dicuci dan diteteskan langsung pada mata burung. Karena rasanya pedih mungkin burung akan mengeluarkan air mata lebih banyak, air mata inilah yang akan membuang kotoran yang ada didalam mata. Jika tidak menemukan daun kitolot disekitar anda sekarang banyak dijual dikios burung obat tetes mata yang terbuat dari daun kitolot.
 
Lidah Buaya


Jika lovebird mengalami stres yaitu sering mencabuti atau menggigiti bulu-bulunya, gunakan lidah buaya dengan campurkan cairan lidah buaya ke dalam air, lalu semprotkan cairan ini saat burung mandi. Lidah buaya (Aloe vera) memiliki rasa pahit, sehingga bisa menghentikan kebiasaan burung yang suka menggigit atau mencabut bulu-bulunya sendiri. Selain itu, lidah buaya bermanfaat untuk melembabkan permukaan kulit burung, mengurangi rasa gatal, dan iritasi.


Cabai 


Cabai memiliki khasiat untuk membantu pencernaan burung, karena mengandung vitamin A, C, dan B kompleks, serta mineral penting seperti kalsium, fosfor dan zat besi. Bahkan cabai juga berkhasiat sebagai obat antiradang dan menyembuhkan radang sendi pada lovebird. Lovebird pun menyukai rasa pedas dari cabai ini. Ini bisa menjadi salah satu alternatif makanan herbal untuk burung anda, tentu dengan pemberian yang tidak berlebihan.

Chamomile


Chamomole tumbuh di seluruh wilayah Eropa dan Asia yang memiliki empat musim. Khasiat bagi lovebird adalah memberikan efek menenangkan untuk menghilangkan stress. Karena itu, chamomile kerap digunakan sebagai bahan obat penenang alami paling aman dan paling ringan, sehingga bisa diberikan kepada burung dalam bentuk bunga segar atau kering. Anda juga bisa merendamnya dalam air minum, untuk menenangkan burung yang stres.

Jahe


Beberapa iris jahe bisa mecegah regurgitasi (mabuk) pada burung. Hal ini dapat terjadi ketika anda membawa burung anda bepergian agak jauh. Beberapa burung paruh bengkok seperti lovebird diketahui sering mengalami mabuk dalam perjalanan, setutama saat terjadi goncangan, perut kembung, dan masuk angin. Jadi pemberian beberapa iris jahe bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Demikian informasi yang dapat Samlovebird sampaikan semoga bermanfaat. Dan terimakasih sudah membaca artikel Samlovebird kali ini. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "6 Obat Alami Untuk Mengatasi Penyakit Pada Lovebird"

Posting Komentar

Histats