Jenis Glodok Untuk Lovebird

Macam Glodok Untuk Lovebird - Secara alamiah lovebird melakukan aktifitas kawin, bertelur dan mengeram didalam lubang pohon yang hangat. Didalam lubang pohon tersebut mereka membuat alas dari dedaunan atau serabut-serabut, maka dari itu peternak lovebird membuat sebuah tempat yang nyaman bagi ovebird sehingga mereka merasa sedang berada di dalam lubang pohon tempat mereka bersarang. Dan jadilah glodok sebagai tempat berkembang biakan lovebird, Karena disinilah nantinya anakan lovebird ditetaskan dan dibesarkan sementara oleh indukannya. Usahakan glodok harus diberi alas, karena kalau tidak anak lovebird tidak bisa berdiri dan mencengkram dengan sempurna dan cendrung miring kesamping dikarenakan alas yang keras dan licin.

Membuat glodok lovebird, seringkali menjadi kesulitan tersendiri bagi para penangkar burung lovebird pemula. Bisa jadi karena memang belum mempunyai banyak informasi tentang cara membuatnya. Cara termudah yang dapat ditempuh adalah membeli dalam bentuk jadi atau siap pakai. Memang, dipasaran atau di toko- toko telah tersedia berbagai macam bentuk dan ukuran glodok lovebird. Namun, tak ada salahnya jika anda mencoba untuk membuatnya sendiri.


Macam Glodok Untuk Lovebird

Berikut adalah beberapa macam glodok lovebird yang nantinya bisa anda aplikasikan sendiri :

1. Glodok Kaca

Glodok kaca tentu sisi-sisinya terbuat dari keca sehingga memudahkan peternak mengawasi lovebirdnya. Pembuatannya pun hampir sama seperti glodok kayu, namun bahannya saja yang berbeda. Anda bisa menyimak pembuatannya seperti pembuatan glodok kayu yang dan nanti akan Samlovebird paparkan. Glodok kaca juga dapat mecegah indukan dari stres ketika kita mau melihat telur atau perkembangan anaknya. Bagi yang masih pemula biasanya sangat penasaran dan ingin melihat apakah lovebirdnya sudah bertelur, apakah sedang mengarami apakah sudah menetas dan sebagainya. Akhirnya glodok lovebird sering dibuka. Hal ini dapat berdampak negatif bagi psikologis burung. Jika burungya mudah sensitif, bisa saja indukan lovebird mudah stres. Akibatnya telurnya bisa dipecah atau tidak dierami. Kalau menggunakan glodok biasa, untuk melihat jumlah telur atau melihat perkembangan piyik lovebird kita harus membuka kandangnya terlebih dahulu. Berbeda dengan menggunakan glodok kaca yang dipasang pada salah satu pintu kandang baterai lovebird. jika kita ingin melihat isi dalam glodok, kita tidak perlu membuka kandangnya, tapi cukup membuka menarik kayu yang dibatasi dengan kaca pada glodok. Burung pun tidak bisa terbang karena ada pembatas kaca. Indukan juga tidak merasa terganggu.

2. Glodok Kayu

Untuk glodok dari kayu idealnya berukuran 20x20x29 cm. Ukuran boleh lebih besar sedikit asal disesuaikan dengan ukuran kandangg penangkaran. Terdapat 2 Tingkat Satu tingkat dengan sebuah lubang untuk keluar masuknya Burung Lovebird dan satu ringkat di bawahnya untuk sarang dan telur yang akan dierami Burung Lovebird. Lalu harusbBersih dari zat kimia, jika kotak sarang terbuat dari triplrks,sebaiknya direndam di air selama lebih kurang 2 hari, dan dijemur hingga kering. Triplrks mengandung zat kimia yang bisa membuat telur terkontaminasi dan menjadi rusak. Selain itu bau yang ditimbulkan juga dapat membuat Burung Lovebird tidak kerasan berlama-lama di dalam kotak sarang. Bila kotak sarang tersebut dibuat dari jenis papan, pastikan papan tersebut bersih dan tidak mengandung zat berbahaya. Masukkan serbuk gergaji sebagai alas atau dasaran kotak sarag, Sebarkan di dasar kotak sarang dengan ketebalan sekitar 1-2cm, Serbuk gergaji memiliki kelebihan menjaga kestabilan suhu dalam kota sarang Burung Lovebird.

Efek pemberian serbuk gergaji menjadikan kotak sarang tidak terlalu panas dimusim kemarau dan tidak terlalu dingai di musim hujan. Kebersihan serbuk gergaji juga harus diperhatikan karna faktor jika serbuk gergaji mengandung zat kimia yang berbahaya bagi telur dan burung makan akan mengganggu penangkaran Burung Lovebird tersebut. Selain itu sebelum mengunakakanya bersihkan dahulu dengan merendamnya dalam air, lalu dijemur sampai kering. Setelah itu, masukkan ke dalam kotak sarang sebagai alasnya.

Demikian informasi yang dapat Samlovebird bagikan kali ini. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Jenis Glodok Untuk Lovebird"

Posting Komentar

Histats