Cara Cepat Membuat Lovebird Masuk Glodok

Cara Membuat Lovebird Agar Cepat Masuk Glodok - Lovebird termasuk salah satu jenis burung yang sulit untuk dibiakkan meskipun tingkat berahinya cukup tinggi. Mungkin karena kecenderungan lovebird untuk berpasangan dengan sesame jenis. Salah satu tahap yang paling sulit adalah saat menjodohkan. Selain itu, tahap – tahap pengemaran telur, penetasan, dan perawatan anak juga membutuhkan perhatian yang cukup intensif.


Glodok atau kandang lovebird yang ialah salah satu properti yang penting dalam beternak lovebird karena tempat ini dimana lovebird melakukan semua aktifitas kawin, bertelur dan mengeram. Kebanyakan lovebird yang tidak berjodoh jika kita berikan glodok maka hasilnya glodok itu malah di rusaknya oleh karena itu pastikan lovebird anda berjodoh, pada alam liarnya lovebird saat bertelur dan mengerami telur lovebird menggunakan lobang pohon untuk sarangnya oleh karena itu glodok digunakan sebagai penggantinya. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu di persiapkan sebelum anda menempatkan glodok di sangkar ternak.

Cara Cepat Membuat Lovebird Masuk Glodok

Berikut Samlovebird akan menjelaskan tentang beberapa cara untuk membuat lovebird cepat masuk dalam glodok, atau istilahnya mau melakukan aktifitas kawin :

1. Meningkatkan Berahi

Ada cara yang ampuh agar sepasang lovebird itu mau kawin yaitu birahi lovebird ditingkatkan. Cara meningkatkan birahi lovebird adalah dengan memberikan pakan. Contoh pakan yang biasa digunakan para peternak agar birahi lovebird naik adalah sayuran kangkung segar. Ada lagi kwaci dan tauge. Cara pemberian kangkung bisa dilakukan dua hari sekali atau setiap hari. Kalau lovebird sudah jodoh, para peternak biasa selalu memberikan potongan sayuran kangkung. Pemberian bisa dua hari sekali. Jadi kangkungnya dicuci kemudian dibiarkan airnya kering dulu. Setelah itu kangkung dipotong-potong. Taruh kangkung di wadah kusus dekat dengan wadah milet. Kalau dua hari kangkungnya masih tersisa diambil saja dan ganti dengan yang baru. Berikan kangkung ini setiap dua hari sekali sampai lovebirdnya terlihat kawin dan bertelur.
Cara pemberian tauge atau kecambah kacang hijau bisa berikan setiap dua hari sekali. Taruh tauge pada wadah khusus. Kemudian ada kwaci bisa dicampurkan dengan pakan milet. Berikan kwaci secukupnya. Kwaci diaduk dengan pakan milet putih maupun biji kenari. Sebagai selingan jagung muda diberikan seminggu sekali saja. untuk satu pasang sebanyak separoh jagung muda.

2. Pastikan Jenis Kelamin Lovebird

Jangan lupa hal yang paling penting saat menjodohkan lovebird adalah pastikan jika kedua lovebird tersebut berkelamin jantan dan betina. Karena jik anda salah mengenali jenis kelamin lovebird maka sampai kapan pun lovebird tidak akan bertelur. Namun ada juga lovebird yang tidak mau kawin, nah untuk mengatasi lovebird tidak mau kawin saat usia sudah mencukupi atau masuk usia mapan ada beberapa cara diantaranya adalah sebagai berikut :

- Berikan pakan bergizi seperti campuran biji-bijian yang bisa kita beli di toko burung, seperti kuaci, canary seed, gambah merah dll.

- Berikan pula extra fooding berupa kangkung atau tauge selama 2 minggu berturut turut hal ini sangat bagus mendongkrak bihari lovebird kita.

- Jangan diberi glodok terlebih dahulu saat awal awal perjodohan

- Masukan glodok jika lovebird sudah terlihat melakukan perkawinan.

- Bersihkan kandang secara rutin setiap hari agar lovebird nyaman

- Mengganti air bersih setiap hari

Demikian sekidit tips dari Samlovebird untuk membuat lovebird anda cepat masuk glodok. Semoga bermanfaat untuk anda dan terimakasih telah membaca artikel Samlovebird kali ini. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Cara Cepat Membuat Lovebird Masuk Glodok"

Posting Komentar

Histats