Beberapa Jenis Sangkar Lovebird Untuk Ternak

Sangkar Lovebird Untuk Ternak - Sebelum anda akan memulai berternak lovebird, hal pertama yang perlu anda persiapkan adalah sangkar lovebird. Dalam menentukan sangkar lovebird tidak boleh sembarangan karena ada kriteria khusus yang nantinya akan berpengaruh kepada keberhasilan anda menernak lovebird. Ada beberapa jenis sangkar lovebird yang bisa anda gunakan untuk keperluan masing-masing burung. Jangan sampai menyimpan lovebird yang mau dikawinkan dalam sangkar burung lovebird biasa atau untuk tangkrigan.


Berikut Samlovebird akan memberikan beberapa contoh jenis sangkar untuk ternak :

Sangkar Lovebird Untuk Ternak

1. Sangkar Umbaran

Sangkar jenis ini dibuat dengan ukuran yang cukup besar karena digunakan untuk menampung beberapa lovebird sekaligus. Selain itu, sangkar ini juga sebagai tempat menyeleksi indukan yang akan diternak. Didalam sangkar umbaran anda dapat memasukkan pejantan dan betina dalam jumlah banyak untuk diseleksi. Jika dua pasang lovebird sudah berpasangan, maka anda bisa memindahkannya ke sangkar perjodohan. Dengan ukuran sangkar umbaran yang relative besar, mempermudah breader memilih dan menyeleksi indukan yang akan di jodohkan serta cukup efisien tidak memakan banyak waktu. Ukuran sangkar koloni juga relative berbeda-beda, misalnya ukuran 2 m x 1,5 m x 1 m. Ukuran tersebut bisa dihuni oleh 5 pasang lovebird. Ada yang cukup besar lagi, misalnya 3 m x 2 m x 2 m. Ukuran sangkar ini bisa menampung 15 -20 pasang lovebird.

2. Sangkar Sekat

Setelah beberapa lovebird berpasangan di dalam sangkar umbaran, anda dapat memindahkannya ke sangkar perjodohan atau sangkar sekat. Hal ini akan mempermudah anda mengawasi lovebird melakukan proses perkawinan. Untuk ukurannya sendiri tidak terlalu sempit, tidak terlalu besar tapi pas dan sesuai dengan ukuran burung, dan memiliki ruang gerak yang cukup.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan tempat bertelur dan mengerami atau biasa disebut glodok. Dan glodok merupakan poin penting untuk ternak burung, karena akan menentukan keberhasilan lovebird menetaskan anak-anaknya. Di dalam glodok, lovebird akan melakukan aktifitas kawin, bertelur, mengerami dan meloloh. Buat glodok senyaman mungkin seperti habitat asli lovebird (lubang pohon). Lubang glodok bisa berukuran antara 3-7 cm tergantung ukuran sangkar.

3. Sangkar Susun

Atau umum dikenal dengan battery model susun. Setiap petak berukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm, yang disusun secara vertikal dan horizontal. Atau bisa berisi 4 petak, atau 6 petak, atau sesuai keinginan. Selain untuk lovebird, sangkar susun juga bisa digunakan untuk menangkar jenis burung kecil lainnya, seperti kenari dan aneka jenis burung finch. Sangkar ternak lovebird seperti ini sangat disukai, lantaran mudah dipindah ke tempat lain sesuai dengan seleras pemiliknya.

Perawatan Sangkar Lovebird

Selalu bersihkan sangkar dari kotoran yang menempel baik berasal dari burung itu sendiri atau yang lainnya. Lalu jangan lupa untuk mengganti kotak yang berisi serbuk kayu beserta isinya dengan yang baru ketika sudah selesai digunakan dan ingin digunakan oleh burung yang baru. Terakhir cek selalu keadaan sangkar jangan sampai ada yang rusak dibiarkan karena bisa membuat burung kabur atau celaka. Selain perawatan yang bisa dilakukan pada sangkar lovebird, menempatkan sangkar pada tempat yang juga merupakan sebuah keharusan. Tempatkan sangkar agar tidak selalu kehujanan namun tidak juga disimpan pada terik matahari yang tinggi. Jika sangkar dalam keadaan tidak baik maka akan bepengaruh pada keadaan burungnya.

Demikian informasi yang dapat Samlovebird bagikan seputar sangkar ternak untuk lovebird. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel Samlovebird kali ini. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Beberapa Jenis Sangkar Lovebird Untuk Ternak"

Posting Komentar

Histats