Cara Mencegah Lovebird Sakit dan Mati

Cara Mencegah Lovebird Sakit dan Mati - Merawat hewan peliharaan tentu bukan perkara yang mudah. Sedikit saja salah penanganan maka dapat berakibat fatal. Banyak pemula yang memelihara lovebird tanpa tau terlebih dahulu tentang perawatan lovebird tersebut, maka tidak jarang banyak kasus lovebird yang mati bahkan pada awal ia mendapat lolohan. Tiga faktor utama yang menyebabkan lovebird mati adalah penyakit, kondisi stress, dan cara meloloh yang salah.





Mari kita bedah satu-satu :

Cara Mencegah Lovebird Sakit dan Mati

1. Cara meloloh yang salah

Adapun beberapa kesalahan yang sering dilakukan penangkar pemula ketika meloloh lovebird seperti ;

- Memberi bubur padat pada anakan lovebird yang baru lahir sehingga menyebabkan pencernaan anakan burung itu mengalami cidera.
- Bubur yang terlalu panas dalam membuat bubur
- Tidak memberikan jeda ketika meloloh lovebird
- Suntik habis pakai tidak pernah dibersihkan
- Penekanan berlebihan ketika mengasupi menyebabkan tersedak
- Sarang lovebird untuk anakan tidak pernah diganti, sehingga menjadi sasaran empuk kuman.
- Penyesuaian suhu selalu terlupakan, saat dingin / malam beri selimut kecil yang tidak berat dan saat panas biarin di gurami (ataupun bisa menggunakan cahaya lampu
-
Pahami cara meloloh dengan benar agar lovebird kesayangan anda tidak mati. Berikut tahap-tahap yang benar;

- Isi suntikan dengan bubur yang sudah dibuat
- Bersihkan mulut lovebird dengan tisu basah atau tisu yang dibahasi, hal ini berguna untuk membersihkan kuman area mulut.
- Suntikan sedikit demi sedikit, berikan jeda waktu untuk anak lovebird menelan.
- Setelah memberikan asupan pakan ke anak lovebird, juga dibersihkan dengan menggunakan tisu.
- Pemberian makan menurut usianya, biasanya ketika lahir setiap 3 hingga 4 jam sekali, malam hari juga terkadang harus memberi makan.

2. Stres

Stres pada semua burung umumnya disebabkan oleh ketidak nyamanan si burung dengan kondisi yang mereka rasakaan saat itu. Banyak faktor penyebabnya. Seperti;

- Lingkungan baru.
- Sangkar yang kotor.
- Sangkar baru.
- Burung yang terkontaminasi bakter atau cacing..
- Mengkonsumsi makanan baru.
- Stres ditinggal pasangannya, bisa karena mati dan sebagainya.
- Tidak mendapat perhatian dari si pemilik.

Untuk menghindari hal-hal di atas anda dapat menerapkan cara perawatan burung yang benar. Jika burung anda saat ini sedang dalam kondisi stress, lakukan beberapa tips dibawah ini;

a. Pilih lokasi yang tenang.
Lokasi yang tenang yaitu, lokasi dimana lovebird yang mengalami stres tersebut ditempatkan atau diletakkan. Karena burung yang stres membutuhkan suasananya yang tenang. Pengerodongan sangat membatu proses pemulihan kondisi mental burung ketika stres, dengan dikreodong brung akan merasa nyaman dan tenang sehingga bisa beristiraht dengan maksimal.

b. Perawatan yang baik.
Sebaiknya anda melakukan perawatan yang baik agar burung tetap merasa nyaman. Seperti sering membelai kepala burung tersebut, memberi makan dengan jadwal yang teratur, sering caringkan, menjaga kondisi lingkungan burung agar tidak ramai dan berisik.

c. Pemberian multivitamin
Pemberian multivitamin pada saat burung sedanga mengalami stres akan mempercepat proses pemulihan. Cara pemakaiannya cukup mudah, hanya ditetskan ditempat air minum si burung, sesuai dengan aturan pemakaian yang tertera pada kotak pembungkus. Apabila burung sudah pulih kondisinya. Pemberian multivitamin bisa tetap diberikan untuk menjaga kondisi harian si burung.

d. Karena Penyakit
Lovebird rentan terjangkit virus dan kuman. Sebagai tahap pencegahan lakukan pengecekan berkala terhadap tubuh lovebird. Sesekali berikan jamu agar imun kuat dan tidak gampang terserang penyakit. Jika sudah terjangkit, segera beri penanganan dan obat terkait dengan penyakitnya. Jika tidak mempan bawa ke dokter hewan, jangan menunggu sampai parah karena lovebird dapat mati sewaktu-waktu.

Demikian informasi yang dapat Samlovebird sampaikan. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikel Samlovebird kali ini. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .

0 Response to "Cara Mencegah Lovebird Sakit dan Mati"

Posting Komentar

Histats