Tips Cara Melatih Mental Lovebird Untuk Lomba

Cara Melatih Mental Lovebird Untuk Lomba - Melatih mental lovebird tidaklah mudah, meskipun pada dasarnya burung ini adalah termasuk burung yang jinak dan tidak mudah takut dengan manusia atau suasana bising. Akan tetapi ketika diajak lomba dan didekatkan dengan lovebird lain yang bermental baik, lovebird dengan mental lemah akan melempem dan bahkan tidak berani mengeluarkan kicauan ngekeknya. Lalu bagaimana melatih mental lovebird untuk lomba?


Berikut Samlovebird bagikan tipsnya;

Cara Melatih Mental Lovebird Untuk Lomba

Dilatih Sering Berada Diluar Kandang

sering-seringlah mengajak lovebird anda untuk jalan-jalan dan melihat keramaian, kendaraan yang lalu lalang, serta sering melihat burung sejenis tentu maka lovebird akan mulai terbiasa dengan keramaian dan lama-kelamaan mentalnya akan lebih terlatih dan terasah, sehingga akan menjadi lovebird yang pemberani. Cobalah untuk mengajak lovebird anda jalan-jalan kerumah teman atau saudara anda tersebut. Jika ia memiliki lovebird, maka bisa digantang dengan lovebird milik teman/saudara anda. Saat ada acara latber atau latpres, ajaklah lovebird anda ke event tersebut. Anda tidak harus mengikutsertakan lovebird anda dalam lomba, tapi cukup digantang saja dan dipertemukan dengan lovebird lainnya. Mengajak lovebird ke acara lomba juga akan melatih burung agar tidak takut dengan keramaian.

Gantang

Coba gantang lovebird anda dengan lovebird lain yang bermental jawara, caranya anda bisa mengikutsertakan dalam latber kecil-kecilan. Atau anda bisa mengajak lovebird teman anda untuk sparing partner, karena biasanya sebagai seorang lovebird mania tentu anda memiliki teman atau komunitas sesama lovebird mania. Jika lovebird anda masih ketakutan saat melihat keramaian atau melihat lovebird lain, triknya adalah anda cukup membuka separuh kerodong saja, jangan dibuka secara full, agar lovebird anda tidak ngedrop dan stress.

Memahami Karakter

Memahami karakter burung peliharaan sendiri sangatlah penting. Setiap hari anda merawat lovebird anda, mulai dari memandikan, memberi pakan, membersihkan kandang, menjemur, memaster, dan lain sebagainya. Pastinya anda akan tahu bagaimana karakter burung anda, bagaimana setelan EF harian yang tepat, bagaimana settingan sebelum lomba, serta bagaimana mood burung anda hari ini, apakah mampu untuk diajak lomba atau tidak. Jika anda dapat memahami karakter lovebird anda dengan baik, maka tentunya anda akan dapat melatih mental burung anda sesuai dengan karakternya.

Mengganti Sangkar

Lakukan pengamatan terlebih dahulu, apakah lovebird anda nyaman dengan sangkarnya atau tidak. Jika tidak nyaman (ditunjukan dengan perilaku gelisah) maka melakukan pergantian sangkar. Hal ini bertujuan agar lovebird terbiasa dengan suasana baru dan tidak mudah down mentalnya saat berpindah sangkar. Kita tahu sekarang banyak sekali perlombaan burung yang mewajibkan menakai sangkar khusus atau merek tertentu.

Pemberian Pakan

Berikan pakan yang memiliki kadar protein dan karbohidrat yang seimbang. Selama ini, pakan utama yang digunakan berupa milet putih. Extra fooding (EF) terdiri atas jagung muda (¼ potong) dan kangkung (1 batang) setiap hari. Pakan ini diberikan sejak anakan berumur 1,5 bulan hingga memasuki usia 3,5 bulan.

Pemasteran

Setelah dijemur, burung dimasukkan ke ruang pemasteran. Ini biasa dilakukan mulai pukul 10.00 hingga 16.00. Diusahakan kondisi ruang pemasteran cukup ramai, artinya ada lalu-lalang atau aktivitas manusia di sekitar ruangan tersebut, agar burung terbiasa dengan suasana yang ramai. Sekitar pukul 16.00, burung dikerodong full dan dibiarkan beristirahat total dalam ruang pemasteran tersebut. Kerodong baru dibuka kembali esok hari sekitar pukul 5 pagi untuk melakukan pengembunan.

Demikian informasi yang dapat Samlovebird sampaikan dan semoga bermanfaat. Cek juga Tips dan Informasi seputar Lovebird lainnya hanya di www.samlovebird.blogspot.com .



0 Response to "Tips Cara Melatih Mental Lovebird Untuk Lomba"

Posting Komentar

Histats